fbpx

SANTRI NGAJI SASTRA POSONAN KUNJUNGI PATABA BLORA

  • Bagikan
SANTRI NGAJI SASTRA POSONAN KUNJUNGI PATABA BLORA
Santri ngaji sastra di Pataba

Blora – Belasan santri ngaji sastra posonan berkunjung ke Perpustakaan Pramoedya Ananta Toer Anak Semua Bangsa (Pataba) Blora setelah malamnya diskusi Sastrawan indonesia, Soesilo Toer. Berniat ingin tahu rumah masa kecil pram, para santri melanjutkan diskusi dan membaca buku.

Inisiator Ngaji Sastra Posonan, Wilda Sanavero mengungkapkan, meskipun sederhana, mengunjungi perpustakaan-perpustakaan adalah bentuk kepedulian terhadap literasi dan karya sastra.

“Keberadaan Pataba sudah menjadi alasan kuat untuk kita, terkhusus orang-orang Blora untuk membentuk komunitas-komunitas atau lingkar belajar yang mendekatkan kita terhadap buku dan Sastra,” jelasnya, Minggu (25/04/2021).

 

SANTRI NGAJI SASTRA POSONAN KUNJUNGI PATABA BLORA
Santri ngaji sastra di Pataba

 

Adik Pram sekaligus penulis sejak usia 13 tahun, Soesilo Toer mempersilahkan jika mau membaca buku koleksinya. Menurutnya, membaca lebih mudah karena menulis itu sulit.

“Santri wajib baca kitab kuning, semua bisa membuat pintar, budaya baca akan melahirkan banyak penulis. Semua buku ada manfaatnya, tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkannya atau tidak. Penulis jika kehabisan bahan bukan penulis sejati,” tuturnya.

Soesilo juga memberi petuah inspiratif kepada para santri, mulai dari perjalanannya sejak kecil susah sampai pengalaman-pengalamannya sebagai bahan untuk menulis. Dirinya pun memberikan tawaran bagaimana membangkitkan sastra Indonesia, khususnya Blora di mata dunia.

“Bajak saja buku! Penting dibaca, jangan dibakar. Semoga nama kalian jika jadi penulis akan abadi dalam khazanah kesusastraan Indonesia. Tulislah apa saja dan kapan saja. Karena tulisan yang anda alami akan abadi,” ucap mbah Sus, sapaan akrabnya.

Sebagai informasi, berkunjung ke Perpustakaan Pataba Blora merupakan rentetan ngaji sastra posonan di pondok pesantren Miftahul Amal Desa Jiken Kecamatan Jiken Kabupaten Blora selama 10 hari pada bulan ramadhan. (Jyk)

  • Bagikan