fbpx

SMK NEGERI 1 BLORA CIPTAKAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN DAN MATAHARI

Mesin pembangkit listrik ciptaan tim SMK Negeri 1 Blora, Omah Setrum (Omset) Pintar.

Blora – Siswa SMK Negeri 1 Blora berhasil merangkai pembangkit listrik tenaga angin dan matahari. Alat ini berbentuk gazebo, yang pada bagian atasnya terdapat kincir angin sumbu vertikal, dan dilengkapi dengan panel surya.

Guru pembimbing SMK Negeri 1 Blora, Noer Chanif, mengungkapkan alat tersebut dirangkai oleh tiga anak didiknya. Masing-masing bernama Dhodik Prasetyo, Alik Edi Santoso dan Wawan Nur Aziz Zainun Abdillah.

 

Mesin pembangkit listrik ciptaan tim SMK Negeri 1 Blora, Omah Setrum (Omset) Pintar.

 

“Gazebo tersebut diberi nama Omset Pintar. Kata omset merupakan akronim Omah Setrum, yang berarti tempat singgah berenergi listrik,” jelas Noer Chanif seperti dikutip Tribun, Senin (03/09).

Kincir angin yang terletak di bagian atas gazebo, dinilai dapat berputar dengan mudah jika terhembus angin yang berkecepatan rendah. Sehingga, kekuatan angin yang rendah pun dapat dimanfaatkan secara optimal.

“Untuk tenaga angin, apabila dalam sehari angin berhembus dengan kecepatan 4 m/s selama 6 jam, maka mampu menghasilkan daya 622,08 Wh,” lanjutnya.

Selain itu, gazebo juga dilengkapi dengan empat panel surya dengan daya 20 watt. Jika mendapatkan penyinaran selama delapan jam, maka akan menghasilkan energi listrik sebesar 640 Wh.

Menurut Noer, Omset Pintar ini akan sangat berguna untuk mendukung tersedianya energi listrik di sejumlah obyek wisata di Blora. Utamanya, obyek wisata yang berlokasi jauh dari sumber listrik.

“Mayoritas tempat wisata di Blora berlokasi di tengah hutan, atau pegunungan yang jauh dari pasokan energi listrik dan tempat peristirahatan yang memadai. Dengan produk ini, kami ingin mendukung geliat pariwisata Blora,” pungkasnya.

Reporter : Ika Mahmudah