fbpx

STRES GAGAL PERADES? PONPES INI TERIMA PASIEN DENGAN GANGGUAN MENTAL

K. Mustain
Ahmad Mustain, pengasuh PP Darul Hakim I untuk penderita sakit jiwa. Foto : Bloranews.com

Kradenan – Pondok Pesantren (Ponpes) Darul hakim di Dukuh Tambak RT 01 RW 13 Desa Sumber, Kecamatan, Kradenan, Kabupaten Blora menerima pasien yang mengalami gangguan jiwa, termasuk bagi kalian yang stres karena gagal menjadi Perangkat Desa.

Pengasuh Ponpes Darul Hakim, Kyai Ahmad Mustain memberi perhatiannya bagi orang yang memiliki gangguan jiwa. Pondoknya berdiri sejak tahun 2012 tersebut digunakan sebagai tempat rehabilitasi mental.

BACA JUGA :  KLARIFIKSI UDINUS, KENDALA TEKNIS BUKAN KARENA SERVER TAPI PADA APLIKASI CAT

“Kemampuan akal manusia atau kecerdasan intelektual itu terbatas, akal bisanya hanya ngakali. Jika akal dipaksakan dan didampingi oleh nafsu serta keingingan untuk menyukseskan sesuatu, walhasil keinginan tidak terkabul maka akal akan sempoyngan, inilah yang dikatakan stress atau depresi,” tutur Kyai Tain (sapaan akrab), Senin (25/01).

Menurutnya, sebagai solusi maka keseimbangannya adalah kecerdasan spiritual. Kecerdasan intelektual bisanya hanya ngakali dan kalau hati, keseimbangannya adalah kecerdasan spiritual. Hal itu lebih dahsyat dan cepat dari kecepatan sinar dan suara.

BACA JUGA :  TINDAKLANJUTI UU PESANTREN, DPRD BLORA SEGERA BAHAS PERDA PESANTREN

“Solusinya bagaimana? Solusinya harus mengandalkan kecerdasan spiritual. Banyak dzikir, dekatkan diri kepada Allah, tawakal, hati terisi La ilaha illallah Muhammadar rasulullah. Diterjemahkan dengan membaca alquran, banyak bersyukur, banyak tafakur, bahwa semua hanyalah kehendak Allah SWT,” pungkasnya (Jam).