fbpx

WASPADA PENIPUAN DI OLSHOP, BERIKUT CARA UNTUK MENGHINDARINYA

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Blora, BLORANEWS – Cara mencari uang setiap orang beragam. Bahkan dari cara-cara terlarang hingga merugikan orang lain juga masih banyak disekitar kita. Tidak terkecuali penipuan dalam jual beli online menjadi peluang bagi segelintir orang untuk mencari uang dengan cara yang tidak benar.

Barang yang tidak sesuai dengan gambar, spesifik produk tidak sama dengan deskripsi, bahkan adapula pesanan sudah dibayar tetapi barang tak kunjung sampai.

Di zaman sekarang di mana segala sesuatu dapat dibeli secara daring, banyak pula yang tertipu saat jual beli online. Lalu bagaimana cara kita untuk menghindarinya? berikut cara menghindari penipuan saat belanja online.

1.Membaca Review

Tips yang pertama adalah membaca review atau ulasan. Meskipun kamu sudah merasa cocok dengan barang yang akan kamu beli. Tidak ada salahnya membaca review atau ulasan terlebih dahulu, agar kita lebih mengetahui penilaian orang lain yang sudah membeli barang tersebut.

BACA JUGA :  CARA SEHAT DI MUSIM PANCAROBA

Jika banyak ulasan positif tentu kita menjadi yakin dengan barang tersebut, berbanding terbalik dengan ulasan positif. Jika banyak ulasan negatif sebaiknya kita hindari toko tersebut atau membeli barang di toko lain.

2. Perhatikan Rating 

Tips yang kedua adalah memperhatikan rating. Meskipun terkesan sepele, tetapi jumlah rating bisa menggambarkan bagaimana toko online tersebut berkiprah. Rating yang tinggi tidak bisa asal di taruh begitu saja, bukan? Hal tersebut tentu di dapat dari kepercayaan orang-orang yang sudah bertransaksi. Beberapa orang yang terlanjur kesal terhadap barang yang jelek biasanya akan memberikan rating yang buruk. Hal tersebut bisa menjadi pertimbangan kamu saat akan belanja online.

3. Perhatikan Sudah Adakah Barang Yang Terjual

Tips yang ketiga adalah memperhatikan sudah adakah barang yang terjual. Saat akan membeli barang tentu kita akan melihat profil depan barang, jika mendapatkan barang yang belum ada barang yang terjual kemungkinan besar kita akan menjadi ragu. Untuk mengantisipasi penipuan yang akan terjadi bila kita membeli barang tersebut, ada baiknya kita tidak membeli barang yang belum ada penjualannya.

BACA JUGA :  EALAH, TERNYATA BEGINI CARA MAIN JEDORAN DAN KUAT NGELIK

4. Jangan Bertransaksi Di Luar Marketplace

Tips keempat adalah jangan bertransaksi di luar marketplace. Apapun alasannya akan mencurigakan jika penjual menginginkan untuk bertransaksi di luar marketplace apalagi memaksa pembayaran ke rekening pribadi.

Padahal dalam marketplace biasanya ada rekening bersama bahkan ada COD. Apalagi jika ditambah harus membayar biaya admin atau yang lainnya, jangan pernah mau. Ketimbang harus kehilangan uang, mending kehilangan beberapa waktu untuk mencari barang di toko lainnya.

5. Jangan Tergiur Harga Murah

Tips yang terakhir yaitu jangan tergiur harga murah. Harga murah tentu menjadikan pertimbangan kepada para pembeli dalam memilih produk. Apalagi situs jual beli online dalam stigma masyarakat, di mana mereka bisa memilih barang dengan mudah serta sesuai dengan isi kantongnya.

BACA JUGA :  TIPS DAN TRIK CUCI MOBIL AGAR CAT TIDAK TERGORES

Meskipun di toko online memang sering kali memberikan harga yang lebih murah, ada baiknya untuk mengantisipasi kita tetap harus memahami dan memilih harga yang masuk akal. Harga yang sangat jauh di bawah harga pasar patut menjadi pertanyaan apakah penjual tersebut benar menjual barang secara online atau sekadar menjadi wadah untuk mencari mangsa.

Bagaimanapun seorang penjual tetap mempertimbangkan untung dan rugi bukan? Jadi jangan senang jika mendapatkan harga yang sangat murah. Alih-alih mendapatkan barang, bisa jadi kita malah kehilangan uang.

Nah itu dia 5 tips menghindari penipuan saat belanja online. Semakin canggihnya teknologi, semoga bisa membuat otak kita menjadi canggih pula. Semoga bermanfaat! (ian)