fbpx

CARA SEHAT DI MUSIM PANCAROBA

Ilustrasi
Ilustrasi

Blora, BLORANEWS – Musim pancaroba suaca sulit diprediksi. Penyakit banyak dialami. Temperature suhu kadang panas kadang dingin. Kondisi tubuh harus beradaptasi. Jaga kesehatan jadi penting untuk bertahan hidup setiap hari.

Bloranews merangkum beberapa cara pola hidup sehat di musim pancaroba. Diantaranya perbanyak minum air putih, pola makan sehat, rajin olahraga, jaga kebersihan tubuh dan lingkungan serta istirahat yang cukup. Simak penjelasan berikut ini:

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Mengkonsumsi cairan sangat dibutuhkan untuk menjaga kesetabilan tubuh. Selain mencegah dari dehidrasi juga membantu membuang sisa metabolisme melalui tinja atau keringat. Terlabih pada musim pancaroba ini mencukupi kebutuhan cairan menjadi keharusan. Minimal 2 liter per hari atau delapan gelas.

  1. Pola Makan Sehat

Apa yang dimasukkan mulut mempengaruhi daya tahan tubuh. Ketika memasukan makanan atau minuman yang tidak sehat akan diterima tubuh dengan tidak sehat pula, pun sebaliknya. Pola makan haruslah bergizi. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C, zat besi, dan protein untuk meningkatkan imun.

  1. Rajin Olahraga
BACA JUGA :  BLORA MASUKI MUSIM PANCAROBA

Ketika ada pertanyaan kapan waktu yang tepat untuk berolahraga? Jawabannya adalah sekarang. Olahraga teratur tubuh akan bugar. Pada musim pancaroba rasanya sangat malas gerak. Meski olaharaga ringan namun dapat merangsang produksi hormone dopamine, guna membuat suasana hati lebih senang dan Bahagia.

  1. Jaga Kebersihan Tubuh

Hayo siapa diantara kalian yang jarang mandi? Ini dapat menjadi produksi daki dan memicu bakteri. Biasakan mandi pagi sebelum beraktivitas dan sore setelah beraktivitas. Ritual mandi mampu menjadikan tubuh kebal akan kuman. Biasakan rajin cuci tangan setalah dan sebelum makan, setelah bersin, setelah memegang benda terkontaminasi.

  1. Jaga Kebersihan Lingkungan
BACA JUGA :  RAMUAN AMPUH, HILANGKAN JERAWAT SECARA ALAMI

Kebersihan lingkungan di musim yang tidak menentu ini perlu diperhatikan. Jangan biarkan sampah berserakan di sekitar anda. Jangan biarkan virus, jamur dan bakteri merdeka mentransformasikan penyakit. Ingat! Prinsip 3M: menguras bak mandi, menutup tempat penyimpanan air, dan mengubur barang yang tak terpakai.

  1. Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang baik adalah tidur yang cukup. Sibuk kerja keruk uang banyak lupa tidur sangat rentan dengan penyakit. Tidur banyak disepelekan. Kurang tidur yang berkelanjutan membuat raga mudah sakit. Saran doker untuk orang dewasa tidur setidaknya tujuh atau delapan jam dalam sehari. Sempurnakan kesehatan dengan tidur.

Penjelasan di atas kiranya dapat menjadi refrensi. Di mana akhir-akhir ini cuaca kerap tidak bersahabat dan tidak menentu. Temperature suhu kadang panas kadang dingin. Sulit diprediksi. Hal ini merupakan fenomena pancaroba.

BACA JUGA :  BONGKAR! INI DIA PROSES PEMBUATAN TEMPE

Musim pancaroba terjadi pada masa peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau atau dari musim ke marau ke musim penghujan. Ketika tubuh tidak bisa beradaptasi dengan perubahan udara yang tak menentu akan mengalami beberapa gangguan kesehatan.

Selain imunitas tubuh berkurang, virus dan bakteri berkembang biak lebih cepat. Karena imunitas menurun dan virus atau bakteri subur, banyak orang terserang penyakit di musim pancaroba.

Penyakit yang umum dialami banyaknya orang seperti flu, batuk, pilek, demam, gangguan saluran napas, masuk angin, influenza, gangguan pencernaan seperti diare, dan tifus abdominalis. Kasus penyakit tersebut meningkat di musim peralihan atau pancaroba. (Red).