fbpx

WISATA BELANJA DI PASAR PON : JELANG HARI RAYA KURBAN, HARGA TERNAK MASIH STABIL

  • Bagikan
pasar hewan blora
Salah satu sudut keramaian di Pasar Pon di kelurahan Tegalgunung kecamatan Blora, Pasar Sapi
pasar hewan blora
Salah satu sudut keramaian di Pasar Pon di kelurahan Tegalgunung kecamatan Blora, Pasar Sapi

Blora- Cara menikmati wisata di Blora, salah satunya adalah dengan mengunjungi pasar-pasarnya. Pasar Pon merupakan salah satu pasar paling ramai di Blora yang menyediakan berbagai produk, komoditas utamanya adalah Sapi.

Letaknya yang berada di jantung kota Blora membuat pasar ini ramai dikunjungi para pedagang dan pembeli dari Blora maupun dari luar kota. Pasar ini tidak buka setiap hari, hanya pada saat pasaran jawa “Pon” saja. Sehingga pasar ini bernama Pasar Pon-an.

Di hari pasaran “Pon” para pedagang tidak hanya memenuhi bagian dalam pasar, tetapi merambah sampai area jalan di depan pasar. Produk-produk dagangan dijajakan, dari produk second hand, produk barang langka, produk hobi seperti sangkar burung dan ayam petarung sampai bermacam bibit tanaman.

Menjelang hari raya kurban, harga Sapi masih stabil di Pasar Pon. Pak Marno, salah satu makelar ternak yang beroperasi di pasar pon menuturkan bahwa belum tampak lonjakan harga menjelang hari raya kurban. “Harga masih berada di kisaran 14 sampai 15 juta, belum ada lonjakan yang signifikan” tuturnya.

“ Stabilitas harga ini kemungkinan karena masih tersedia stok yang cukup, kalau naik 100 sampai 200 ribu itu wajar. Soalnya, yang diperdagangkan di sini tidak hanya sapi dari Blora tapi juga dari luar kota” jelas Pak Marno.

Pak Marno memperkirakan akan terjadi kenaikan harga jika telah memasuki satu minggu menjelang hari raya kurban.  Menurutnya, dewasa ini banyak yang memilih menyembelih sapi yang dipelihara sendiri atau membeli dari tetangga satu kampung sehingga lonjakan harga sapi di Pasar Pon tidak melonjak tajam [.]

Reporter          : Alifiyanto 

Foto                 : Alifiyanto 

BACA JUGA :

PITULASAN DI KALIREJO : TUTUP BULAN KEMERDEKAAN DENGAN KECERIAAN

banner 120x500
  • Bagikan