fbpx

13 FAKTA KECAMATAN BOGOREJO

  • Bagikan
kecamatan bogorejo
Panorama Waduk Jurangjero tampak dari Puncak Krekep desa Nglengkir kecamatan Bogorejo

Bogorejo- memiliki bentang alam yang luar biasa indah. Di kecamatan ini terdapat puncak-puncak bukit yang menantang para penakluk ketinggian. Panorama persawahan yang diolah sepanjang tahun, di beberapa wilayah pertanian kecamatan Bogorejo diairi dengan air yang ditampung oleh Embung Jurangjero. Dari banyak bentang alam yang indah di kecamatan Bogorejo, terdapat sejumlah obyek petualangan lain yang belum banyak dipopulerkan media. Bogorejo dengan potensi bentang alamnya dapat menjadi potensi wisata alam unggulan di Kota Mustika. Berikut ini 13 fakta kecamatan Bogorejo yang berhasil dihimpun Bloranews.com

kecamatan bogorejo
Panorama Waduk Jurangjero tampak dari Puncak Krekep desa Nglengkir kecamatan Bogorejo
  1. Di desa Gandu kecamatan Bogorejo terdapat puncak Pencu. Puncak pencu merupakan puncak bukit dengan panorama yang indah.
  2. Dari atas puncak Pencu dapat dilihat panorama tiga kota yang berbatasan dengan kecamatan Bogorejo yaitu Kabupaten Blora, Tuban dan Rembang.
  3. Di tengah hutan desa Gayam terdapat sungai Kedunglondo. Daya tarik bentang alam ini terdapat pada aliran sungainya (meander) yang meliuk-liuk dan berbatu.
  4. Aliran sungai Kedunglondo mengalir dari mata air perbukitan Kendeng Utara. Salah satu mata air yang mengalir di aliran sungai Kedunglondo adalah mata air Kedungpanasan.
  5. Di desa Nglengkir terdapat puncak Krekep, menurut masyarakat setempat puncak Krekep merupakan puncak tertinggi di Blora.
  6. Di lereng puncak Krekep terdapat Goa Tirta, Goa ini merupakan goa yang menjorok ke bawah dan digenangi air.
  7. Mata air di Goa Tirta sangat jernih, refleksi dari dinding goa membuat air di Goa Tirta tampak berwarna hijau terang.
  8. Di perbatasan desa Jurangjero dan Nglengkir dibangun sebuah embung seluas 2,8 hektar untuk mencukupi kebutuhan pertanian masyarakat Bogorejo.
  9. Dibutuhkan biaya sebesar Rp 13.649.364.000 untuk membangun embung Jurangjero.
  10. Secara geografis kecamatan Bogorejo berbatasan dengan kabupaten Rembang di sebelah utara dan Tuban di sebelah timur.
  11. Di sebelah selatan kecamatan Bogorejo berbatasan dengan kecamatan Jepon dan Jiken sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan kecamatan Jepon.
  12. Luas kecamatan Bogorejo adalah 49,81 kilometer persegi dengan penduduk sebanyak 23.965 jiwa (2014).
  13. Kecamatan Bogorejo terdiri atas 14 desa. Desa terluas adalah desa Nglengkir (8,47 kilometer persegi) sedangkan desa tersempit adalah desa Karanganyar (1,54 kilometer persegi) [.]

Editor        : Sahal Mamur

Foto           : Az Zulfa

*Dari berbagai sumber.

banner 120x500
  • Bagikan