fbpx

5 TIPS TETAP SEHAT DI MUSIM PENGHUJAN ALA MAHASISWI KESEHATAN

  • Bagikan
Ilustrasi : Bloranews

Blora- Dibutuhkan stamina tubuh yang stabil untuk dapat bekerja secara maksimal. Apalagi di musim penghujan, banyak cara bagi penyakit untuk melemahkan daya tahan tubuh. Maka, menjaga daya tahan tubuh menjadi sangat penting bagi para pekerja profesional.

Fitri Rochmi, mahasiswi kesehatan Poltekkes Semarang Kampus IV Blora menyampaikan 5 tips tetap bugar di musim penghujan. Disela-sela aktivitasnya sebagai mahasiwi kesehatan, Fitri tetap aktif di berbagai organisasi sosial.  Berikut ini tips dari Fitri kepada para pembaca Bloranews.com

(baca : FITRIANA ROCHMI, MAHASISWI KESEHATAN YANG TIDAK TAKUT KOTOR)

  1. Beristirahat yang cukup.

Tenggat waktu (deadline), tugas yang menumpuk dan tekanan dalam lingkungan kerja yang tinggi membuat tubuh mudah lelah. Pastikan ada jam istirahat wajib (disesuaikan dengan profesi), dan waktu-waktu untuk rekreasi agar tubuh dapat berelaksasi.

  1. Lingkungan kerja yang bersih.

Rapikan lingkungan kerja dengan membersihkan perangkat kerja yang berserakan. Lingkungan kerja yang nyaman akan meningkatkan produktivitas kerja. Selain itu, kebersihan diri juga harus dijaga. Mencuci tangan dengan teratur dapat memutus rantai bibit penyakit yang masuk ke tubuh.

  1. Jaga pola makan.

Menjaga pola makan di sini meliputi waktu makan dan pilihan menu. Pastikan sarapan sebelum bekerja dan perhatikan menu yang dikonsumsi. Kurangi konsumsi makanan cepat saji (junk food) yang kini banyak beredar.

  1. Minum air putih yang cukup.

Untuk meningkatkan stamina kerja, biasanya para profesional mengkonsumsi kopi secara berlebihan. Hal ini tidak mengapa dengan catatan harus minum air putih yang cukup (dua liter setiap hari). Konsumsi kopi tidak boleh lebih banyak dari air putih.

  1. Tingkatkan daya tahan dengan mengkonsumsi vitamin C

Vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Suplemen ini dapat diperoleh dengan mengkonsumsi buah dan sayur, selain itu di toko-toko obat juga tersedia vitamin C dalam bentuk tablet, kapsul dan cair [.]

Repoter : Muhammad Eko

banner 120x500
  • Bagikan
error: Konten dilindungi!!