ANGGOTA POSRAMIL BOGOREJO DAN PETUGAS PPL BANTU PETANI GAYAM MENANAM REFUGIA

Bogorejo – Sejumlah anggota Posramil Bogorejo bersama PPL Pertanian setempat membantu petani menanam refugia di lahan pertanian jagung di Desa Gayam Kecamatan Bogorejo, Kamis (09/11). Langkah ini dilakukan untuk menghindari serangan hama pada komoditas pertanian itu.

“Kita bersama PPL Pertanian Bogorejo sedang membantu masyarakat menanam refugia untuk mencegah hama seranggga menyerang komoditas pertanian jagung,” jelas Pelda Ahib anggota Posramil Bogorejo kepada tim Bloranews.com pagi tadi.

 

Anggota posramil Bogorejo mencangkul tanah (dangir : jawa) di lahan pertanian petani Desa Gayam Kecamatan Bogorejo, Kamis (09/11).

 

Petugas PPL Pertanian Bogorejo Agus Wibowo mengapresiasi kesediaan para anggota Posramil Bogorejo ini, menurutnya sikap ini perlu dicontoh elemen masyarakat lainnya. Ia mengaku kagum dengan pengetahuan anggota Posramil itu tentang ilmu pertanian.

“Tidak banyak petani yang tau cara penanggulangan hama dengan menanam refugia, para Anggota posramil ini malah lebih tau. Tak hanya secara konsep, para anggota Posramil ini juga membantu petani menanam refugia secara langsung di lahan pertaniannya. Bahkan, mereka juga membantu dangir,” ucap Agus Wibowo, Kamis (09/11).

Refugia adalah microhabitat buatan yang di tanam dalam lahan pertanian baik ditanam secara monoculture atau tumpang sari dengan tanaman yang lain. Penanaman refugia sebagai salah satu upaya konservasi musuh alami. Refugia, berupa tanaman yang memiliki bunga berwarna mencolok sehingga mengalihkan perhatian hama tanaman.

Sementara itu, petani pemilik lahan yang enggan disebut namanya menilai kegiatan anggota Posramil Bogorejo membantu petani menanam refugia ini sangat membantu.

“Biasanya, kalau ada petugas itu kita jadi ndredeg (takut / khawatir) jangan-jangan ada operasi atau apa gitu. Tapi, kali ini malah ikut nyemplung ke sawah. Bantu nanam tanaman anti hama dan dangir,” ungkap petani itu kepada tim Bloranews.com sesaat setelah para anggota Posramil Bogorejo itu undur diri.

Reporter : Khoirunniam

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.