fbpx

BLORA PER HARI TEMBUS 30 TON SAMPAH KE TPA

  • Bagikan
Suasana TPA Temurejo di Kecamatan Blora yang sampahnya semakin hari semakin menggunung,

Blora – Produksi sampah lebih dari 30 ton masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Temurejo Blora setiap harinya. Belum termasuk Kecamatan Cepu dan Kecamatan lainnya.

Disampaikan oleh Ketua Bidang (Kabid) Kebersihan dan Pengolahan Sampah, Bayu HImawan ketika Pengukuhan Tim Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Sampah Liar yang digagas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama para relawan cinta kebersihan, oleh Bupati Blora Arief Rahman dan Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati.

“Rata-rata setiap hari ada sampah 34 ton yang masuk di TPA Temurejo Blora, ini belum termasuk sampah di Cepu dan kecamatan lainnya. Oleh karena itu kita ajak masyarakat untuk bergerak bersama mengolah sampah yang benar. Kita siap memfasilitasi pembentukan bank sampah,” ucap Bayu.

Acara pengukuhan dilakukan Bupati di bantaran Kali Lusi, dibawah Jembatan Kaliwangan Kelurahan Mlangsen, dengan membacakan Surat Keputusan dan menyerahkan alat kebersihan secara simbolis. Usai pengukuhan dilanjutkan aksi bersih-bersih secara massal, bergotong royong membersihkan sampah liar di kawasan bawah Jembatan Kaliwangan.

Bupati Arief berharap, satgas ini menjadi ujung tombak penanganan tempat pembuangan sampah liar untuk membantu DLH. Ia minta untuk aktif di media sosial, sehingga ketika ada laporan masyarakat tentang penumpukan sampah liar bisa segera dibersihkan.

“Terimakasih kepada semua pihak yang terlibat, kami titip pesan agar masyarakat bisa meningkatkan kesadarannya untuk tidak membuang sampah sembarangan. Buanglah sampah pada tempatnya atau bentuk bank sampah di setiap desa/kelurahan, insyaallah DLH siap memfasilitasi,” harapnya.

Plt. Kepala DLH Blora, Sugiyono menambahkan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian bersama dalam hal menjaga kebersihan lingkungan.

“Satgas Saber Sampah Liar ini tidak akan bekerja di Blora saja namun juga di Kecamatan Cepu. Nanti akan kita bentuk tim lagi untuk Cepu, mengingat volume sampah yang potensinya besar ada di Blora dan Cepu,” tambahnya.

Setelah bersih-bersih selanjutnya sampah dinaikkan secara bergantian dan diangkut oleh truk DLH ke TPA. Baik sampah organic maupun anorganik, termasuk sampah plastik. Diketahui, Ketua Coordinator Tim Satgas Saber Sampah Liar, Tri Ratna Puji Santoso dan beranggotakan para relawan dari berbagai wilayah Desa/Kelurahan. (Jml)

  • Bagikan