fbpx

BULAN BAKTI GOTONG ROYONG MASYARAKAT 2017 DICANANGKAN

  • Bagikan
BULAN BAKTI GOTONG ROYONG MASYARAKAT 2017 DICANANGKAN
Pemerintah Kabupaten Blora mencanangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XIV dan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 di desa Kemiri Kecamatan Jepon, Selasa (23/5). Foto : Humas Setda Blora

Blora – Pemerintah Kabupaten Blora mencanangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XIV dan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 di desa Kemiri Kecamatan Jepon, Selasa (23/5). Acara ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Blora Drs. Bondan Sukarno, MM mewakili Bupati Blora Djoko Nugroho dan pelepasan balon udara oleh Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Blora Hj. Umi Kulsum Djoko Nugroho

 

BULAN BAKTI GOTONG ROYONG MASYARAKAT 2017 DICANANGKAN
Pemerintah Kabupaten Blora mencanangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XIV dan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 di desa Kemiri Kecamatan Jepon, Selasa (23/5). Foto : Humas Setda Blora

 

“Semangat gotong royong harus selalu ditanamkan dan ditumbuh kembangkan sebagai bentuk solidaritas sosial di tengah-tengah masyarakat. Istilah gotong royong merupakan ciri khas budaya bangsa Indonesia sejak dulu,” ujar Sekda Blora Drs. Bondan Sukarno, MM mewakili Bupati Blora Djoko Nugroho.

Lebih lajut disampaikan, BB-GRM ke XIV bersama peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 merupakan momentum yang sangat bermakna dalam mendorong semangat kebersamaan, kekeluargaan, persaudaraan untuk menciptakan rasa persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Dengan saling bekerja sama, bahu-membahu, dan tolong menolong diharapkan bisa mengurangi bahkan mengatasi beban hidup yang dialami seseama serta mendorong swadaya, partisipasi, dan gotong royong dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua TIM Penggerak PKK Kabupaten Blora Dra. Hj. Umi Kulsum Djoko Nugroho membacakan sambutan Ketua Umum TP PKK Pusat Erni Gutarti Thahjo Kumolo.

Menurutnya, peran PKK sangat penting dalam mensukseskan program-program pemerintah. Perlu adanya kebersamaan dan kerja sama saling membantu antara PKK dengan pemerintah agar tercapai tujuan bersama, salah satunya dalam hal mengakselerasi kemiskinan.

“Harus ada kerja sama yang baik antara PKK dengan Dinas Pemerintah dengan ikut menyukseskan program-program yang akan dilaksanakan seperti pendidikan, kesehatan dan juga pemberdayaan masyarakat. Tanpa ada kerja sama yang baik tidak akan maksimal dalam mensukseskan suatu program,” jelasnya.

Ketua Umum TP PKK Pusat Erni Gutarti Thahjo Kumolo dalam sambutan yang dibacakan Ketua TIM Penggerak PKK Kabupaten Blora Dra. Hj. Umi Kulsum Djoko Nugroho juga menyampaikan bahwa pelaksanaan program-program PKK harus bisa mengurangi program yang bersifat seremonial tetapi juga perlu mengimbangi prinsip kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan program-programnya.

Peringatan HKG PKK tahun ini mengambil tema “Dengan HKG PKK ke-45 tahun 2017, kita lakukan akselerasi program-program PKK untuk mewujudkan visi dan misi gerakan PKK”.

“Akselerasi atau percepatan program harus didasarkan pada kenyataan, selama ini PKK telah melaksanakan 10 Program Pokok PKK secara normatif, bahkan cenderung merupakan rutinitas. Untuk itu, agar tidak terbelenggu pada rutinitas program sehingga senantiasa tidak pernah beranjak progresnya dengan cara selalu berinovasi mengembangkan kreativitas program sesuai dengan potensi dan kebutuhan masing-masing daerah,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Blora, Gunadi S.Sos menyampaikan dipilihnya desa Kemiri Kecamata Jepon dalam acara itu karena desa Kemiri yang terbaik atau juara pertama Lomba Desa Tingkat Kabupaten Blora. Tahap penilaian dilakukan oleh tim juri hingga akhir bulan Maret 2017.

Desa Kemiri memperoleh nilai tertinggi dalam Lomba Desa Terbaik sebanyak 782, sedangkan juara kedua diraih Desa Brabowan, Kecamatan Sambong dengan nilai 775 dan juara ketiga diraih Desa Tanjung, Kecamatan Kedungtuban dengan nilai 759.

Desa Kemiri memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan nominator desa lainnya. Di Desa Kemiri pengelolaan keuangan desa sudah transparan dengan adanya pemasangan Info Grafis APBDes dan pemasangan foto-foto hasil pembangunan. Selain itu, pembangunan fisik jalan desa dengan program pavingisasi juga berjalan baik.

Acara dimeriahkan oleh pentas seniB arongan, tari kolosal Guyub Samin dari UPT Dindik Kecamatan Jepon, tari kreasi siswa SMP dan SMAN 1 Jepon, paduan suara PKK serta pameran produk unggulan dari wilayah setempat.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan piala dan hadiah bagi pemenang lomba desa dan kegiatan PKK lainnya. Selain itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Blora juga melayani buku bacaan dengan menggunakan mobil unit keliling.

Redaksi  / Humas Setda Blora

 

banner 120x500
  • Bagikan