fbpx

DI BLORA MASIH ADA RUMAH TANGGA YANG TIDAK TERALIRI LISTRIK

DI BLORA MASIH ADA RUMAH TANGGA YANG TIDAK TERALIRI LISTRIK
Ilustrasi

Blora –  Kepala Bidang Kelistrikan dan Pertamanan pada Dinas Perumahan, Permukiman, dan Perhubungan Kabupaten Blora, Mulyadi mengatakan sebanyak 2.236 rumah tangga di Kabupaten Blora belum terpasang listrik dan menyalur dari tetangga.

 

DI BLORA MASIH ADA RUMAH TANGGA YANG TIDAK TERALIRI LISTRIK
Ilustrasi

 

“Dari PLN itu setiap tahun mengalokasikan, istilahnya memasangkan rumah tangga yang belum berlistrik. Dari satu rumah itu dapat satu paket 450 VA baru sama beberapa lampu secara cuma-Cuma,” ungkapnya.

Data jumlah rumah tangga ini didapat dari setiap kecamatan kemudian disampaikan ke PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Selain itu, pihaknya pada tahun 2020 yang bertanggung jawab atas pendataan rumah tangga di Kabupaten Blora. Sebelumnya, pendataan dilakukan oleh Dinas ESDM.

“Pada 2020 alokasi pemasangan listrik secara cuma-cuma dari PLN dengan daya 450 VA menyasar sebanyak 700 rumah tangga. Namun yang terealisasi yakni sebanyak 691 rumah tangga. Sebab, 8 rumah tangga sudah terlanjur memasang sendiri, sedangkan sisanya satu rumah tangga belum terpasang karena jarak antara rumah dengan sambungan kabel listrik lebih dari 100 meter.” tambahnya.

Mulyadi menambahkan saat ini masih ada rumah tangga yang belum bisa menikmati listrik. Selain karena tidak terpasang  juga tidak menyalur dari tetangga. Hanya saja untuk jumlah, dirinya belum mengetahui.

“Bisa dikategorikan miskin karena belum memasang listrik sendiri, karena setiap memasang kan ada biayanya.”tandasnya. (Spt)

Verified by MonsterInsights