GELAR PROGRAM ELIMINASI TBC, YAYASAN MSI GANDENG DINKES

Blora – Yayasan Mentari Sehat Indonesia (MSI) Cabang Blora gandeng Dinas Kesehatan Blora gelar Program eliminasi TBC tahun 2021-2023 (Global fund-aids, tuberculosis and malaria) dalam rangka Penyegaran Kader TBC dalam penemuan dan pendampingan pasien tuberkulosis di Rumah makan Joglo. Rabu (07/04)

 

GELAR PROGRAM ELIMINASI TBC, YAYASAN MSI GANDENG DINKES

Program eliminasi TBC tahun 2021-2023 (Global fund-aids, tuberculosis and malaria).

 

Staf program MSI kabupaten Blora, Mochamad Amin Budiman mengatakan total peserta 30 orang berasal dari 5 kecamatan (Ngawen, Banjarejo, Bogorejo, Jiken dan Cepu) dan 7 puskesmas (Ngawen, Rowobungkul,  Banjarejo, Bogorejo, Jiken, Kapuan dan Cepu).

“Kegiatan ini untuk membantu DKK dalam eliminasi TBC di kabupaten Blora. Melatih kader TBC yang belum kerjasama dengan dinas kesehatan dalam penanggulangannya,” ungkap amin.

Kasi Pencegahan, Pengendalian Penyakit Menular (P3M) Dinkes Blora, Sutik mengatakan pendampingan ini untuk meningkatkan capaian penemuan TBC di Kabupaten Blora,  diharapkan mereka bisa menemukan penderita TBC baru, mulai dari pelacakan kontak, pemeriksaan screening TBC terutama di wilayah kecamatan mereka. 

“Tahun 2020 targetnya 1660 orang, tapi baru mendapat 913 orang. Karena pandemi, kegiatan tidak boleh tatap muka ini agak menyulitkan kami, masyarakat takut berobat juga. Diharapkan mereka jadi leading dan motor di desanya  untuk menemukan kasus TBC baru.” pungkasnya. (Spt)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan