fbpx

HAUL TALOKWOHMOJO BERLANGSUNG MERIAH

  • Bagikan
Peziarah memadati lokasi Haul KH Zainal Abidin Desa Talokwohmojo Kecamatan Ngawen, Sabtu (02/12).

Ngawen – Ribuan peziarah dari Blora dan berbagai kota memadati lokasi Haul KH Zainal Abidin di kompleks Pesantren Mambaul Huda Desa Talokwohmojo Kecamatan Ngawen sejak kemarin (02/12) siang.

 

Peziarah memadati lokasi Haul KH Zainal Abidin Desa Talokwohmojo Kecamatan Ngawen, Sabtu (02/12).

 

Puncak haul diisi dengan Pengajian Umum yang menghadirkan KH Zuhrul Anam dari Banyumas sebagai pembicara. Sebelum tausyiah, Pengasuh Pesantren Mambaul Huda membacakan Manaqib (riwayat hidup) KH Zainal Abidin dilanjutkan dengan pembacaan Maulid Barzanji yang dipimpin oleh Sayyid Muhammad Rifqi bin Umar Al Aidid.

Peziarah dan masyarakat yang menghadiri  agenda Peringatan Maulid Nabi dan Haul KH Zainal Abidin ke- 96 serta Haul KH Nahrowi ke- 32 ini dihibur dengan penampilan grup hadroh Anwarul Muqtafa Dalwa dari Bangil Pasuruan. Agenda ini berlangsung hingga pukul 01.00 WIB dini hari tadi.

Hadir dalam agenda ini, Bupati Blora diwakili Wakil Bupati Arif Rohman, Camat Ngawen Sunanto, Danramil Ngawen Kapten Cpl Sumanto, Kapolsek Ngawen AKP Yulianto, puluhan pengasuh pesantren se- Blora dan masyarakat umum.

KH Zainal Abidin Talokwohmojo merupakan putra bungsu dari seorang ulama Pati yang bernama Longko Pati. KH Zainal Abidin menikah dengan seorang anak saudagar dari Desa Talokwohmojo Ngawen, wanita itu bernama Haminah.

Delapan tahun setelah pernikahannya, KH Zainal Abidin diangkat sebagai Mursyid Thoriqoh Naqsyabandiyah Kholidiah oleh Kyai Achmad Rowobayan, seorang kyai kharismatik dari Desa Rowobayan Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro.

Pada awal abad XIX, KH Zainal Abidin mendirikan pesantren yang mulanya hanya sebuah surau di Desa Talokwohmojo. Di pesantren ini, KH Zainal Abidin mengajarkan ilmu fiqh dan tasawuf kepada santrinya.

Bahkan, menurut sejumlah sumber KH Zainal Abidin memotori gerakan melawan pemerintah kolonial melalui lembaga pendidikan islam tradisional ini.

 

Reporter : Fawaidi M / Pendim 0721 Blora

  • Bagikan