JAMAAH HAJI BLORA PERINGATI KEMERDEKAAN DI TANAH SUCI

Mekkah, Arab Saudi- Meski terpisah jarak ribuan kilometer dari tanah air, jamaah haji Indonesia asal Blora antusias menggelar peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke- 74. Mereka menggelar upacara bendera di depan hotel pemondokan.

 

Upacara peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke- 74 di halaman hotel Al Keswah Tower, kompleks Maktab 39, Mekkah Arab Saudi

Upacara peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke- 74 di halaman hotel Al Keswah Tower, kompleks Maktab 39, Mekkah Arab Saudi

 

“Jauh dari tanah air bukan halangan untuk memperingati hari kemerdekaan. Kita semua semangat mengikuti upacara,” kata Sumarno, jamaah haji kloter 56 usai mengikuti upacara bendera di depan hotel Al Keswah Tower, kompleks Maktab 39, Mekkah Arab Saudi melalui pesan singkat, Sabtu (17/08).

Seperti layaknya upacara peringatan kemerdekaan di tanah air, petugas kementerian agama (Kemenag) dalam kesempatan ini juga menjadi petugas upacara. Disampaikan pula amanat kemerdekaan oleh Inspektur Upacara.

“Intinya, kita diingatkan kembali tentang makna kemerdekaan. Kegiatan ini dirangkai pula dengan penyerahan penghargaan kepada kloter 56 sebagai kloter terbaik di Maktab 39,” imbuh Sumarno.

Bagi Sumarno yang juga kepala SMK Muhammadiyah 2 Blora itu, memperingati hari kemerdekaan RI di tanah suci merupakan pengalaman tak terlupakan. Sorak sorai yang digemakan di tanah suci, menunjukkan jarak bukanlah halangan untuk mengekspresikan rasa cinta tanah air.

“Sangat terharu rasanya. Kita semua jadi teringat dengan perjuangan para pahlawan saat merebut dan mempertahankan kemerdekaan sampai titik darah penghabisan. Walau jauh dari tanah air, patriotisme dan nasionalisme jamaah haji Indonesia tak perlu diragukan lagi, NKRI Harga Mati,” pungkasnya. (jay)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan