fbpx

JANGAN BILANG ANDA ORANG BLORA SEBELUM MENYANTAP 5 KULINER INI !

  • Bagikan
Kenikmatan kuliner dari berbagai daerah di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri yang tentu akan membuat anda tersenyum puas ketika mencobanya. Begitupun dengan Blora. Kota bagian timur Jawa Tengah ini memiliki beberapa kuliner khas yang wajib disantap dan dicicipi. Berikut kuliner khas Blora yang bakal menggoyangkan lidah anda.
Illustrasi : infoblora.

Sedari dulu Indonesia terkenal akan kelezatan kulinernya. Kenikmatan kuliner dari berbagai daerah di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri yang tentu akan membuat anda tersenyum puas ketika mencobanya. Begitupun dengan Blora. Kota bagian timur Jawa Tengah ini memiliki beberapa kuliner khas yang wajib disantap dan dicicipi. Berikut kuliner khas Blora yang bakal menggoyangkan lidah anda.

1. Pecel Pincuk

Secara umum mayoritas orang menganggap kuliner pecel merupakan makanan khas Madiun. Namun di Blora pun juga memiliki kuliner pecel yang khas dan berbeda dari lainnya, pecel pincuk namanya. Dengan bungkus khas dari daun jati dan dilumuri bumbu kacang serta sayuran segar, pencel pincuk Blora menjadi menu makanan yang berbeda dari sajian pecel lainnya. Ditambah lagi harganya yang terjangkau sehingga tidak akan menguras kantong anda.

2. Soto Kletuk

Musim hujan enaknya ialah mengomsumsi makanan yang berkuah. Dan ketika berada di Blora, salah satu makanan berkuah yang tidak bisa diabaikan adalah soto klethuk. Kuliner ini menjadi khas dan berbeda dari soto lainnya karena sensasi klethuk yang unik saat digigit. Klethuk ini terbuat dari bahan singkong yang dipotong kecil kemudian di goreng. Taburan klethuk yang disajikan diatas cita rasa soto yang gurih akan membuat perut anda mendadak keroncongan.

3. Lontong Tahu

Lontong menjadi makanan umum bagi orang jawa karena dijadikan menu pengganti nasi. Di Blora, anda akan menemukan kuliner lontong bertajuk lontong tahu. Lontong sebagai bahan utama akan disajikan diatas daun jati dengan tambahan tauge, bumbu kacang, telur dan tahu diatasnya. Lepas menyantap, dijamin anda tidak akan kecewa.

4. Sego Kobong

Satu lagi makanan unik Blora yang tidak boleh dilewatkan ialah sego kobong. Sego kobong sendiri merupakan nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan dibakar sebelum disajikan. Jenis sego kobong pun cukup variatif, ada yang isi ayam, jamur, udang, cumi dsb. Suatu kerugian jika andan belum pernah mencicipi kuliner nikmat sego kobong sampai hari ini.

5. Sate Khas Blora

Dan yang tidak asing lagi ialah sate. Makanan dari daging yang ditusuk dengan potongan bambu dan dibakar ini memang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Di Blora anda bisa menemukan bermacam olahan sate. Mulai dari sate ayam, sate kambing hingga sate yang dibuat dari bahan selain daging, seperti tempe, tahu dan telur puyuh. Keragaman jenis inilah yang membuat sate Blora unik dan khas. (kin).

  • Bagikan