KOMISI A DPRD JAWA TENGAH KUNJUNGAN KERJA KE KPU BLORA

Blora – Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah dipimpin Sekretaris Komisi Ali Mansur mengadakan kunjungan kerja ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Blora, Senin (20/11). Selain Ali Mansur juga hadir Romli Mubarrok, Amir Darmanto, Bambang Hariyanto Baharudin, Jasiman, Bambang Joyo Supeno, Syamsul Bahri, Anisa Dewi Ika Natalia, Sumarji. Rombongan diterima Ketua KPU Blora Arifin di aula KPU Blora.

 

Ketua KPU Blora Arifin menerima kunjungan kerja Komisi A DPRD Jawa Tengah, Senin (20/11).

 

Menurut Ali Mansur, kunjungan kerja kali ini dalam rangka monitoring persiapan Pilgub Jateng 2018 sekaligus untuk memperoleh informasi tentang permasalahan-permasalahan yang dihadapi KPU Blora pada pelaksanaan Pilkada Serentak 27 Juni 2018 mendatang.

“Tidak sekedar berhasil memilih Gubernur dan Wakil Gubernur, tetapi dalam Pilgub ini ada proses pembelajaran demokrasi kepada masyarakat, sehingga ada peningkatan kualitas pemilih dalam berpolitik”, ungkap Ali Mansur.

Dalam kesempatan tersebut, masing-masing Komisioner KPU Blora sesuai divisinya memberikan paparan secara singkat terhadap persoalan-persoalan yang disampaikan oleh anggota Komisi A.  Diantaranya menyangkut upaya dan strategi yang dikembangkan KPU Blora dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih,  akurasi daftar pemilih, pelibatan partisipasi masyarakat dalam setiap tahapan, dan peningkatan kualitas Badan Penyelenggara.

Terkait target partisipasi pemilih di atas 78% persen untuk Pilkada 2018 seperti yang telah dicanangkan, KPU Blora menilai sebagai target yang tidak main-main. Hal ini dikarenakan berdasarkan data pada dua kali penyelenggaraan Pilkada Gubernur yang lalu menempati tingkat partisipasi yang relatif rendah jika dibandingkan dengan Pemilu-pemilu yang lain.

Selanjutnya berkaitan upaya peningkatan kualitas Badan Penyelenggara adhoc, KPU Blora menegaskan bahwa adanya pembatasan 2 kali sebagai penyelenggara pemilu pada tingkatan yang sama dapat mendorong proses regenerasi di tubuh badan penyelenggara sendiri. Disamping itu, perubahan pola rekrutmen PPS dengan pendaftaran terbuka merupakan bagian dari upaya pelibatan partisipasi publik dan peningkatan kualitas Badan Penyelenggara.

Dalam kunjungan ini, Anggota Komisi A DPRD Jawa Tengah juga memberikan masukan agar penyelenggaraan Pilgub Jateng kali ini berjalan dengan baik dan berkualitas. Masukan-masukan tersebut diantaranya terkait upaya pertanggungjawaban dana publik untuk Pilkada tidak hanya dipenuhi secara administratif, tetapi juga dipenuhi dengan peningkatan kualitas penyelenggaraan Pilkada yang semakin baik.

Disamping itu, KPU Blora juga diharapkan untuk membantu mendorong masyarakat yang belum mempunyai KTP Elektronik agar segera melakukan perekaman data KTP Elektronik, mengingat KTP Elektronik menjadi salah satu syarat untuk bisa didaftar sebagai pemilih.

Dari proses dialog dalam kunjungan kerja Komisi A kali ini, Pimpinan rombongan Ali Mansur menaruh apresiasi terhadap kinerja KPU Blora  yang telah menyelenggarakan Pileg, Pilpres, maupun Pilkada dengan sukses tahun-tahun  yang lalu. Sedangkan untuk penyelenggaran Pilgub Jateng kali ini, Ali Mansur percaya KPU Blora siap untuk menyelenggarakannya dengan baik.

Reporter : Sahal M / Humas KPU Blora

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.