fbpx

LETUSAN KESONGO TERDENGAR HINGGA DESA BOTORECO

Sejumlah orang mengevakuasi ternak

Kunduran – Letusan Kesongo yang terjadi tadi pagi sekitar pukul 05.00 WIB terdengar hingga Desa Botoreco Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. Kamis (27/08).

Kepala Desa Botoreco, Sujono menerangkan, bahwa letusan Kesongo yang terjadi tadi pagi terdengar hingga di daerahnya. Bahkan banyak warganya yang saat ini menyaksikan di lokasi letusan Kesongo tersebut.

 

Sejumlah orang mengevakuasi hewan ternak.

 

“Suara letusan terdengar sampai desa saya mas,” ucap Kades Botoreco kepada Bloranews.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Bloranews, Marno warga setempat menceritakan awal mula kejadian tersebut dirinya sedang mengeluarkan ternak Kerbau miliknya untuk digembala bersama ternak lainya.

Saat dirinya menggiring  Kerbau untuk minum di Rawa dekat pusat letusan, selanjutnya dirinya merasakan getaran dan melihat pecah mengeluarkan lumpur dan melihat sebagian kerbaunya terkubur lumpur tersebut dan ternak lainnya berhamburan.

“Sampai dengan pukul 10.00 WIB ini masih ada puluhan ternak belum ditemukan dan diduga terkubur material lumpur,” paparnya. 

Lebih lanjut, dirinya menambahkan, dalam kejadian tersebut dirinya bersama Sukimin, Kadis, dan Warino yang kebetulan berada di belakang kandang kurang dari jarak 50 meter  juga menjadi korban akibat menghirup menghirup asap belerang dari letusan tersebut.

“Akibat kejadian tersebut, dirinya bersama, Kadis dan Sukimin langsung dirujuk ke Puskesmas Doplang sedang yang Warino dibawa Ke RS Habibullah. Alhamdulillah waktu kurang dari 1 jam korban dinyatakan sembuh,” pungkasnya. (Jyk)