fbpx

LUKISAN PELEPAH PISANG DARI BURADEN

  • Bagikan
pelepah pisan bahan karya seni
Hasil karya seni dari pelepah pisang hand made

SENDANGGAYAM (04/01/2016) Tidak dapat dipungkiri, kabupaten Blora mewarisi darah seni dari para pendahulunya. Leluhur Blora memiliki keahlian seni yang sampai hari ini masih mencengankan dan mengundang decak kagum. Peninggalan seni kabupaten Blora sangatlah berlimpah dan beragam. Sebut saja karya sastra para kyai Blora yang tersimpan dan terawat dengan baik di banyak pesantren di Kabupaten Blora. Kebijaksanaan Samin yang sedemikian tinggi dan luhur serta ketrampilan seni kriya di banyak desa di kabupaten Blora membuat kita semakin mencintai Kota Jati ini.

Seolah meneruskan tradisi para leluhur Blora, M. Mustain ( 27 ) menciptakan sebuah karya seni yang mempesona. Lukisan ala naturalis dengan media pelepah pisang. Jika nada tertarik dan ingin melihatnya secara langsung, anda dapat mengunjungi begkel seninya di dukuh Buraden, Desa Sendanggayam Kecamatan Banjarejo. M. Mustain berhasil membuktikan bahwa latar belakang pendidikan tidak membatasi seseorang untuk berkreasi.

 

m.mustain pembuat pelepah pisang
M. Mustain ( 27 ) menciptakan sebuah karya seni yang mempesona

 

Mustain beberapa waktu yang lalu telah menyelesaikan proses belajarnya di STAIN Kudus Jurusan Studi Hukum Perdata Islam ( Ahwal Al Syahsiyah ), dimana sebagian besar alumninya kemudian bekerja sebagai Hakim Pengadilan Agama atau Advokat. Pria pecinta kopi ini lebih memilih memulai dunia profesionalnya dengan menggeluti seni rupa, pilihan berkarya yang sungguh berbeda dengan latar belakang studi akademiknya.

 

pelepah pisan bahan karya seni
Hasil karya seni dari pelepah pisang buatan Mustain

 

Aktivis Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat STAIN Kudus memilih menggunakan pelepah pisang kering dengan banyak pertimbangan. Beberapa di antaranya adalah corak dari pelepah pisang yang kering sangat beragam dan terdapat motif – motif alami di dalamnya. Selain itu, pelepah pisang kering yang melimpah di desanya membuat persediaan bahan baku untuk seni lukis kreatif ini sangat melimpah. Pelepah pisang kering yang selama ini dibiarkan lapuk dan membusuk, oleh Mustain disulap menjadi seni rupa yang indah dan mengagumkan.

Kecamatan Banjarejo memang sebuah kecamatan dengan talenta seni yang beragam dan melimpah. Jika anda ingin mengkaji tentang kebijaksanaan dan bagaimana menghormati alam anda dapat mengkajinya di Karangpace – Klopoduwur kepada pewaris suro samin, yaitu Mbah Lasiyo. Sumu Pitu Wadas desa mojowetan mengajarkan kepada kita bagaimana menata hati, dan mengelola jantung utama kehidupan, sumber air. Dukuh Genen desa Sendangwungu mengingatkan kita tentang bagaimana leluhur kita menciptakan alat – alat pertanian terbaik pada masanya.

lukisan dari pelepah pisang
karya seni dari pelepah pisang berupa lukisan buatan Mustain

 

Dengan menggunakan pelepah pisang kering, Mustain melakukan sebuah lompatan dalam memahami dan melakukan sebuah seni kriya yang saat ini mulai ditinggalkan para pewaris budaya kabupaten Blora.

Belasan lukisan telah dihasilkan oleh tangan seninya. Beberapa diantaranya adalah lukisan pegunungan, lukisan dengan tema pantai dan persawahan dan banyak lagi. Sekalipun belum pernah dipamerkan pada sebuah pameran seni, tetapi lukisan Mustain tidak kalah jika disandingkan dengan hasil lukisan pelukis – pelukis kontemporer lainnya.

Melihat ini, sudah saatnya kabupaten Blora mulai membidik seniman dan budayawan muda untuk melestarikan hasil – hasil budaya yang telah diwariskan leluhur kepada generasi hari ini. Seni kriya yang dilakukan oleh Mustain, jika dikenal oleh masyarakat Blora secara luas dapat menjadi inspirasi bagi para muda Blora. Mustain dan para seniman lainnya dapat menunjukkan betapa kabupaten Blora memiliki orang – orang yang berbakat di bidang seni dan pengembangan kebudayaan.

Tentu saja untuk mengenalkan hasil – hasil seni yang dihasilkan oleh anak – anak muda Blora harus dilakukan oleh banyak pihak. Disamping pengenalan melalui media sosial, mungkin sekali – kali pemerintah harus membuat sebuah pameran seni yang menampilkan hasil karya orang – orang hebat ini. Jadi, Blora dan budaya di dalamnya harus kita kenalkan pada dunia. Selamat berburu karya seni.

Reporter          : Annisa Utami ( autami582@gmail.com )

Fotografer        : Ahmad Rifa’i

banner 120x500
  • Bagikan