fbpx

MANGGIR – TODANAN : PADUAN KEINDAHAN BUKIT KAPUR, GOA DAN PANORAMA

  • Bagikan
gunung manggir todanan
Manggir – Todanan memiliki daya tarik wisata berupa bukit kapur, goa dan panorama yang jelita

Ngumbul (01.07.2016) Todanan memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi bersama pasangan atau kerabat dekat. Di desa Ngumbul, kecamatan Todanan terdapat sebuah obyek wisata alam dengan panorama yang indah. Selain itu, di area obyek wisata ini juga terdapat sebuah goa dengan stalagmit dan mata air di dalamnya. Jelita desa Ngumbul ini bernama Bukit Manggir.

 

gunung manggir todanan
Manggir – Todanan memiliki daya tarik wisata berupa bukit kapur, goa dan panorama yang jelita

 

Bukit Manggir merupakan gugusan perbukitan kapur yang terletak di desa Ngumbul, kurang lebih empat puluh kilometer arah barat alun-alun kota Blora. Puncak tertinggi Bukit Manggir adalah sekitar 250 meter diatas permukaan air laut. Pepohonan menyelimuti permukaan bukit ini, sehingga suasana di lereng dan puncak manggir cukup sejuk.

Dari puncak Bukit Manggir, terlihat panorama persawahan yang menghijau mengelilingi bukit. Dijamin, perjalanan menuju puncak akan terbayar lunas dengan panorama alam yang disajikan.

Di area yang sama terdapat Goa Mangklih, sebuah goa alami  dengan stalagmit yang menyerupai pilar-pilar alam yang menyangga atap goa. Selain itu, di Goa Mangklih terdapat sebuah sendang (mata air) dengan air yang jernih. Banyak petualang Goa Mangklih yang meminum langsung air di sendang tersebut dan merasakan kesegarannya.

Berwisata ke perbukitan Manggir dapat dilakukan dengan mobil ataupun dengan kendaraan roda dua. Akses jalan menuju perbukitan Manggir saat ini telah cukup baik. Sepanjang perjalanan, di kanan-kiri jalan terdapat banyak warung sehingga para pengunjung tidak perlu membawa bekal makanan dari rumah.Empat kilometer di sebelah timur perbukitan Manggir terdapat obyek wisata unggulan Kecamatan Todanan, Goa Terawang.

Goa Terawang dan perbukitan Manggir dapat menjadi referensi liburan anda selama lebaran untuk menyegarkan kembali anda sebelum kembali bekerja di minggu-minggu selanjutnya.

Reporter  : Sahal Makmur

Foto      : Eko N.

banner 120x500
  • Bagikan