fbpx

KECAMATAN TODANAN : SURGA WISATA KOTA SATE

  • Bagikan
kecamatan todanan
Kecamatan Todanan dipenuhi obyek wisata yang layak untuk dikembangkan
kecamatan todanan
Kecamatan Todanan dipenuhi obyek wisata yang layak untuk dikembangkan

 

Todanan (06.06.2016) Kecamatan Todanan merupakan salah satu kecamatan di Kabupten Blora yang memiliki potensi pengembangan pariwisata. Jika di Blora timur terdapat kecamatan Cepu dengan sisa – sisa peninggalan kadipaten Jipang – Panolan – nya dan di Blora bagian tengah terdapat kecamatan Bogorejo dengan bentang potensi wisata alam-nya, maka di Blora barat kecamatan Todanan menjadi primadona pariwisata kota Mustika.

Kecamatan Todanan terletak barat laut kabupaten Blora, berbatasan dengan kecamatan lain di kabupaten Blora dan kabupaten lain di provinsi Jawa Tengah. Di sebelah utara, kecamatan Todanan berbatasan dengan Kabupaten Pati. Di sebelah timur berbatasan dengan kecamatan Japah dan kabupaten Rembang. Kecamatan Todanan terdiri atas 25 desa, desa dengan wilayah paling luas adalah desa Bedingin dan desa dengan wilayah paling sempit adalah desa Gunungan.

Kecamatan dengan obyek wisata yang melimpah ini memiliki luas 129 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 57.951 jiwa. Sebagian besar penduduk kecamatan Todanan berprofesi sebagai petani. Tiga komoditas utama pertanian kecamatan Todanan adalah Padi, Jagung dan Ketela pohon. Luas lahan persawahan di kecamatan Todanan adalah 4056,5 hektar.

Selain memiliki komoditas tanaman pangan, kecamatan Todanan juga menghasilkan buah – buah lokal seperti Jambu Mete, Durian, Rambutan dan Pisang Byar. Baru – baru ini di kecamatan Todanan dikembangkan varietas pisang cavendish. Produk hortikultura hasil bumi kecamatan Todanan adalah Tomat dan Mentimun.

Untuk memenuhi kebutuhan pertanian, di kecamatan Todanan terdapat kios – kios pertanian dan kelompok usaha pertanian, namun keduanya hanya mencukupi setengah dari kebutuhan pertanian masyarakat Todanan. Sehingga, banyak petani kecamatan Todanan harus mendapatkan kebutuhannya di kecamatan Kunduran.

Sektor pariwisata di kecamatan Todanan berkembang dengan pesat. Mulai dari pariwisata alam sampai pariwisata purbakala. Goa Terawang dan mata air Banyubiru di desa Kedungwungu menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan, lokal maupun luar daerah.

Sedangkan Goa Kidang Tinapan merupakan situs arkeologi manusia purba yang baru – baru ini ditemukan fosil manusia pada era Holocen (9000 tahun sebelum masehi). Penemuan ini tidak hanya menghebohkan dunia arkelogi di tanah air, melainkan juga dunia internasional.

Sektor industri di kecamatan Todanan terlihat dari keberadaan pabrik gula PT. GMM (Gendis Multi Mani. Sayangnya, sampai saat ini tingkat kesejahteraan kecamatan todanan berada pada angka 53 persen dari keseluruhan jumlah penduduk. Sebanyak 47 persen penduduk Todanan masih berada dalam kondisi belum sejahtera. Keberadaan PT GMM di kecamatan Todanan dirasa belum meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara signifikan.

Sumber    : Analisa Blora Dalam Angka 2015 oleh Bappeda Blora

Editor    : Saefuddin arief

Foto      : Koleksi Bloranews

banner 120x500
  • Bagikan