fbpx

MERINDING! PROSESI BUKA SELAMBU MAKAM SUNAN POJOK BLORA

Upacara prosesi buka selambu atau luwur makam Sunan Pojok Blora berlangsung sakral. Membuat merinding ketika pencopotan sekaligus pemasangan selambu diiringi dengan sholawat. 
Prosesi buka selambu Makam Sunan Pojok.

Blora, BLORANEWS – Upacara prosesi buka selambu atau luwur makam Sunan Pojok Blora berlangsung sakral. Membuat merinding ketika pencopotan sekaligus pemasangan selambu diiringi dengan sholawat. 

Monggo kito sami nyekseaken, selambunipun mbah Sunan Pojok sekedap malih bakal kita lepas lan badhe kita ganti kalian selambu ingkang enggal. (Mari kita sama menyaksikan, selambunya mbah Sunan Pojok bakal kita lepas dan bakal kita ganti dengan selambu yang baru),” ucap pengurus Yayasan Sunan Pojok, Mahfud Ali Su’udi sebagai pemandu prosesi buka selambu. 

Pelepasan dan pemasangan selambu baru pun berlangsung dengan iringan lantunan sholawat nabi. Disaksikan oleh para kyai, sesepuh, tokoh agama serta ribuan jamaah yang menghadiri ritual tersebut. 

“Selambu ini akan diamankan oleh panitia. Seandainya ada yang menginginkan mohon menghubungi pihak panitia,” terang Mahfud, Rabu (24/8) malam. 

Sebelumnya, terdapat Khotmil Qur’an bin Nadri dan tahlil. Setelah prosesi buka selambu, diakhiri dengan potong tumpeng dan makan bersama di Pendopo Makam Sunan Pojok Blora. (Jam).