PENDAFTARAN KARTU TANI DIBUKA SAMPAI FEBRUARI

foto lahan pertanian di Blora Foto :Bloranews

Blora- Pendaftaran Kartu Tani dibuka sampai bulan Februari minggu ketiga. Kabar menggembirakan disampaikan oleh kepala dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan melalui kepala penyuluhan dan sumber daya manusia, Sukarno.

Sukarno menambahkan bahwa salah satu keuntungan memiliki Kartu Tani adalah memudahkan pemerintah dan institusi terkait menyalurkan kebutuhan pupuk bersubsidi kepada para petani.

“Untuk melaksanakan kebijakan ini (Program Kartu Tani), kami menekankan pada prinsip enam T yaitu tepat waktu, tepat jumlah, tepat harga, tepat sasaran, tepat lokasi dan tepat dosis” imbuhnya.

Kartu Tani diberikan kepada para petani yang sudah terdaftar di RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok). Sebelum masuk di RDKK, terlebih dahulu dinas pertanian melakukan pendataan SPPT dan KTP melalui PPL dan kelompok tani. Setelah masuk di RDKK, BRI sebagai mitra kerja pemerintah akan menerbitkan Kartu Tani.

Program Pemprov Jawa Tengah untuk para petani ini bukan tanpa kendala. “Ada sedikit kendala dalam program ini (Kartu Tani). Validasi data RDKK, kesadaran masyarakat untuk mendaftar, petani yang bukan anggota kelompok tani dan pendataan petani yang merantau di luar daerah” jelas Sukarno.

Akan tetapi, kendala tersebut dapat diatasi dengan kerja keras dari semua pihak, utamanya para petani.

“Kami menghimbau kepada rekan-rekan petani untuk segera masuk ke kelompok tani terdekat, agar memudahkan pemerintah menyalurkan kebutuhan-kebutuhan pertanian” pungkasnya [.]

Reporter : Jack Priyanto

Baca Juga :

RM YUDHI SANCOYO : DINAS PERTANIAN HARUS PROAKTIF SOSIALISASIKAN KARTU TANI

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.