fbpx

PERTUNJUKAN WAYANG KULIT MALAM PUNCAK SHE JIT

Malam puncak acara perayaan Hari She Jit Kemuliaan Yang Mulia Kongco Hok Tek Tjing Sin (Pek Gwee Cap Go 2573 Imlek) di Yayasan Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Klenteng Hok Tik Bio Blora, dimeriahkan pagelaran wayang kulit.
Seorang dalang memainkan wayang kulit dalam acara peringatan Hari She Jit di Klenteng Hok Tik Bio Blora.

Blora, BLORANEWS – Malam puncak acara perayaan Hari She Jit Kemuliaan Yang Mulia Kongco Hok Tek Tjing Sin (Pek Gwee Cap Go 2573 Imlek) di Yayasan Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Klenteng Hok Tik Bio Blora, dimeriahkan pagelaran wayang kulit.

Ketua Yayasan TITD klenteng Hok Tik Bio Budilistijo Suboko menyampaikan, perayaan hari She Jit ini diselenggarakan Senin (5/9/2022) hingga Sabtu (10/9/2022).

“Ada beberapa rangkaian kegiatan dan puncak pada acara ini, kita menggelar sembahyang Tiong Chiu, doa bersama, kemudian pertunjukan wayang kulit,” jelasnya, Sabtu (10/9) malam.

BACA JUGA :  URI-URI BUDAYA JAWA, WARGA TUNJUNGAN PENTASKAN WAYANG KULIT

Pertunjukan wayang kulit ini mengusung cerita atau lakon Gondomoyo Sayembara. Dibawakan oleh dalang muda, Igo Ilham Sampurno dari Jepon, Blora. Sebelum dalang muda merupakan mahasiswa jurusan Pedalangan, semester VII Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta memainkan wayang, dilaksanakan lelang Tiong Ciu Pia dan kalung emas keberuntungan Yang Mulia Kongco Hok Tek Tjing Sin.

Menurut Budilistijo Suboko, setiap 15 bulan 8 (2573 Imlek), tepat bulan sempurna atau bulat, atau pada pertengahan musim rontok menurut penanggalan Tiongkok, adalah saat dilaksanakan sembahyang Tiong Chiu (Harvest Festival).

“Kalau di tanah Jawa ini sama dengan sedekah bumi, karena pada saat ini, di jaman dahulu adalah akhir dari pada musim panen. Sehingga masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan melaksanakan sembahyang Tiong Chiu,” terang dia.

BACA JUGA :  ISTRI BUPATI BLORA PRIHATIN JALAN CABAK-BLEBOH RUSAK

Ciri khas dari sembahyang Tiong Chiu adalah sajian kue-kue yang bulat seperti bulan. Orang menyebutnya hari raya kue rembulan. Pada momen ini juga dilakukan bakti sosial pengobatan, yakni dengan memasak obat-obatan dan kemudian dibagikan kepada warga masyarakat yang membutuhkan.

Sebagai informasi, rentetan acara Senin (5/9) sampai Jum’at (8/9), jam 19.30 WIB sampai dengan selesai digelar Ritual Cia Shin (Bleshing Pengobatan). Kemudian, Jumat (9/9) jam 07.30 WIB, dilaksanakan penyalaan api tungku masak minyak obat. Selanjutnya, jam 19.30 WIB, celup minyak obat dan bleshing pengobatan.

BACA JUGA :  SEMPAT VAKUM, PEMENTASAN WAYANG KULIT DI PENDOPO KEMBALI DIGELAR

Berikutnya, Sabtu (10/9/2022) jam 18.00 WIB diselenggarakan doa bersama perayaan Hari She Jit Kemuliaan Yang Mulia Kongco Hok Tek Tjing Sin. Dirangkaikan, jam 19.30 WIB, lelang Tiong Ciu Pia dan kalung emas keberuntungan Yang Mulia Kongco Hok Tek Tjing Sin. Pada jam 21.00 WIB, pertunjukan wayang kulit. (Jam).