fbpx

SORENG LODRA RAIH JUARA KEDUA DALAM PARADE SENI DAN BUDAYA JATENG 2018

Penari Soreng Lodra berhias sebelum tampil dalam Parade Seni dan Budaya Jateng 2018 di Pemalang, Rabu (22/08).

Pemalang – Tarian kolosal Soreng Lodra berhasil memukau dewan juri dalam Parade Seni dan Budaya Jawa Tengah 2018. Alhasil, tarian yang dimainkan pelajar dari SMK Negeri 1 Blora ini keluar sebagai juara kedua.

Parade Seni dan Budaya Jawa Tengah 2018 berlangsung di Pemalang. Selain diikuti 35 kelompok seni dari 35 kabupaten  / kota se- Jawa Tengah, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan sejumlah seniman dari mancanegara, Rabu (22/08).

 

Penari Soreng Lodra berhias sebelum tampil dalam Parade Seni dan Budaya Jateng 2018 di Pemalang, Rabu (22/08).

 

“Kita apresiasi atas prestasi tersebut, Blora punya potensi yang luar biasa dalam hal seni budaya. Semoga bisa memotivasi sekolah yang lain untuk berprestasi,” ujar Wakil Bupati Blora, Arief Rohman, Kamis (23/08).

Tarian Soreng Lodra menceritakan tentang tokoh Jaka Lodra atau Gendruwon.Tarian ini dimainkan secara kolosal. Menurut legenda, Soreng sendiri adalah sosok prajurit yang gagah berani. Soreng merupakan tokoh tak terpisahkan dalam pertunjukkan Barongan Blora.

Berikut ini daftar juara dalam Parade Seni dan Budaya Jateng 2018 yang berlangsung di Pemalang. Juara I diraih oleh Kota Semarang dengan penampilan Tari Songsong Krida, sedangkan juara III diraih oleh  Kabupaten Banjarnegara dengan Tari Dawet Ayu.

Juara Favorit, jatuh ke Kabupaten Purbalingga dengan Tari Manunggaling Karya. Seniman mancanegara yang memeriahkan parade ini berasal dari Hongaria, Argentina dan Mexico.

 

Reporter : Ika Mahmudah