fbpx

TAMPIL CANTIK, TUMPENG TELANG PUKAU JURI LOMBA TUMPENG HARI SANTRI NASIONAL 2019

  • Bagikan

Cepu- Tumpeng Kembang Telang tampil memukau dalam lomba tumpeng Hari Santri Nasional 2019 di Pendopo Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora. Alhasil, tumpeng istimewa ini merebut juara pertama dalam lomba tersebut, Minggu (27/10).

 

Tumpeng Kembang Telang dalam lomba tumpeng Hari Santri Nasional  2019 di Pendopo Kecamatan Cepu Kabupaten Blora
Tumpeng Kembang Telang dalam lomba tumpeng Hari Santri Nasional 2019 di Pendopo Kecamatan Cepu Kabupaten Blora

 

Tumpeng Kembang Telang tersebut merupakan kreasi Siti Mutmainah (43) dan rekan-rekannya, yang tergabung dalam Fatayat NU Desa Kapuan. Mereka juga merupakan ibu-ibu muda kreatif binaan Cethik Geni.

“Olahan produk kuliner Kembang Telang merupakan salah satu produk unggulan Cethik Geni Cepu. Kembang Telang merupakan pewarna alami untuk makanan dan minuman,” kata koordinator Cethik Geni Cepu, Rita Oktaviana.

Sebagai informasi, Kembang Telang (Clitoria ternatea) merupakan tumbuhan merambat yang termasuk suku polong-polongan. Banyak nutrisi yang terkandung dalam tumbuhan ini, diantaranya mengandung Antosianin, yakni antioksidan alami yang lebih kuat dari pada Vitamin C. Memiliki kandungan Alkaloid, Flafanoid, dan Vitamin A.

Sementara,  Siti Mutmainah mengaku, olahan Tumpeng Kembang Telang hasil karyanya mendapatkan pujian dari dewan juri. Pasalnya, tampilannya yang cantik, bernuansa ungu, namun tidak merubah cita rasa tumpeng.

“Tumpeng kita terdiri atas Nasi Telang dengan urapan dari berbagai macam sayuran sehat seperti daun kelor, daun katuk, daun mengkudu, dan beluntas. Kita juga menyajikan Teh Telang sebagai minumannya. Kata para juri, rasanya enak dan tampilannya menarik,” ucapnya. (cgt)

banner 120x500
  • Bagikan