fbpx

TINGKATKAN PERFORMA, PENGAWAS MADRASAH GELAR PKKM

Dalam rangka meningkatkan performa Madrasah, Pengawas Madrasah melakukan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) dilingkungan Kementerian Agama Kantor Kabupaten Blora.
PKKM di Desa Bandungrojo, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora.

Ngawen, BLORANEWS – Dalam rangka meningkatkan performa Madrasah, Pengawas Madrasah melakukan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) dilingkungan Kementerian Agama Kantor Kabupaten Blora.

Tim penilai PKKM, Agus Purnadi Rachmad mengatakan kegiatan PKKM dimaksudkan untuk melakukan pembinaan serta pengawasan.

“Dilakukan satu tahun sekali, sebagai bentuk upaya pengawasa binaan untuk dapat mengembangkan kompetensi lembaga pendidikan madrasah,” jelasnya saat melakukan PKKM di MI Nurul Huda Desa Bandungrojo, Kecamatan Ngawen, Blora.

PKKM sendiri ialah kegiatan proses pengumpulan, analisis, dan interprestasi data tentang kualitas kinerja kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kepala Madrasah dan merupakan bentuk upaya pengawasan binaan untuk dapat mengembangkan kompetensi lembaga pendidikan madrasah.

Adapun penilaian kinerja ini didasarkan pada 5 komponen. Kelimanya terdiri atas empat tugas utama kepala madrasah dan ditambah dengan satu komponen tambahan. Lima komponen yaitu Usaha Pengembangan Madrasah, Pelaksanaan Tugas Manajerial, Pengembangan Kewirausahaan, Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan dan Hasil Kinerja Kepala Madrasah.

Terpisah, Kepala MI Nurul huda Bandungrojo, Ngaripun menyambut baik kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya memajukan lembaga pendidikan yang dipimpinnya.

“Kegiatan tersebut sebagai ikhtiar dalam rangka memacu semangat kami dan rekan-rekan dalam mengelola lembaga pendidikan, karena kemajuan zaman terus berkembang dengan pesat, maka kita juga wajib turut serta, karena peserta didik disini disiapkan sebagai pelaku dizamannya,” pungkasnya. (Kin)