fbpx

TROBOSAN BARU PETANI JETAKWANGER KEMBANGKAN TANAMAN KEDELAI

Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati ikut panen perdana komoditas kedelai varietas Anjasmoro di Desa Jetakwanger, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora yang dikelola Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wana Rahayu Jetakwanger.
Panen perdana kedelai varietas Anjasmoro.

Ngawen – Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati ikut panen perdana komoditas kedelai varietas Anjasmoro di Desa Jetakwanger, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora yang dikelola Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wana Rahayu Jetakwanger.

“Kepada para petani LMDH Wana Rahayu yang sudah berani membuat terobosan dengan mengembangkan tanaman kedelai. Saat panen walaupun mayoritas sudah kering tapi bulirnya padat dan keras, ini bagus,” ujarnya, Kamis (03/02).

BACA JUGA :  SENTANI DISKUSIKAN PERSOALAN PUPUK BERSUBSIDI DI BLORA

Wabub meminta kepada Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan (P4) agar melakukan pendampingan. Menurutnya, kedelai sangat cocok dikembangkan selain padi dan jagung, karena mayoritas orang Blora penggila tempe.

Sebelum acara dialog bersama dengan anggota Komisi A DPRD Jawa Tengah, Kepala Dinas P4, Gundala Wijasena memaparkan, Pemkab Blora memberikan perhatian pada pengembangan hortikultura, khususnya tanaman buah-buahan. Ia berharap kepada petani Jetakwanger juga bisa mengembangkan program dari Pemkab.

BACA JUGA :  PETANI PETERNAK DI BLORA DUKUNG CAK IMIN PRESIDEN 2024

“Kami berharap dari kelompok tani atau LMDH bisa mengajukan permohonannya secara tertulis agar bisa kita usulkan. Tentunya dilakukan survey terlebih dahulu. Kita akan kembangkan alpukat varietas miki yang cenderung bulat besar,” paparnya. (Jam).