fbpx

WASPADA! PENYAKIT MULUT DAN KUKU HEWAN TERNAK

Wabah penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak telah merembet di empat daerah Jawa Tengah. Tepatnya di daerah Boyolali, Rembang, Banjarnegara dan Wonosobo. Jajaran Bhabinkamtibmas Polres Blora menyambangi sejumlah peternak sapi dan kambing yang ada di desa binaannya. 
Petugas kepolisian meninjau hewan ternak.

Blora, BLORANEWS – Wabah penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak telah merembet di empat daerah Jawa Tengah. Tepatnya di daerah Boyolali, Rembang, Banjarnegara dan Wonosobo. Jajaran Bhabinkamtibmas Polres Blora menyambangi sejumlah peternak sapi dan kambing yang ada di desa binaannya.

Kapolres Blora, AKBP Aan Hardiansyah melalui Kasat Binmas, AKP Sudarto mengatakan, jajaran Bhabinkamtibmas menghimbau kepada peternak untuk menjaga kebersihan kandang agar tidak mudah terjangkit wabah penyakit. 

BACA JUGA :  PROGRAM PETERNAKAN SAPI MODERN BLORA MEMASUKI BABAK BARU

“Harapannya, para peternak dapat menangkal wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi atau kambing yang saat ini sedang menjangkit di beberapa wilayah di Pulau Jawa,” kata Kasat Binmas, Jum’at (13/5). 

Seperti dilakukan Bripka Achmad Nur Kholik di wilayah binaannya Kelurahan Kauman, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora. Ia mengajak warga selalu rajin menjaga kesehatan hewan dengan cara membersihkan kandang. Jika perlu disinfektan disemprotkan secara berkala. 

BACA JUGA :  GUDANG PEMBUATAN KONSENTRAT DI DESA BLUNGUN SIAP DIRESMIKAN

“Bila menemukan tanda-tanda atau gejala di mulut dan kuku pada sapi, segera melaporkan ke mantri hewan terdekat atau dinas peternakan, untuk dilakukan pemeriksaan supaya cepat penanganannya,” tandasnya. (Jam).