fbpx

BUMDES BACEM : SEKOCI PENYELAMAT DI TENGAH ARUS PERUBAHAN

  • Bagikan
Penggemukan sapi, salah satu cabang usaha BUMDes Bacem, kecamatan Jepon.Foto : bloranews
Penggemukan sapi, salah satu cabang usaha BUMDes Bacem, kecamatan Jepon.Foto : bloranews

JEPON- Desa Bacem, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora terus memperkuat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dikelolanya. Sejak berdiri 2016 lalu, BUMDes Bacem sudah tampak menggeliat. Seiring dengan program kemandirian ekonomi berbasis desa, BUMDes Desa Bacem kini memiliki empat unit usaha.

“Saat ini BUMDes memiliki unit usaha Koperasi Simpan Pinjam, Peternakan, Pengelolaan Air Bersih (PAB), dan Penyewaan Molen” kata Kades Bacem Bloranews.com, Sarmini, Senin, (30/01).

Menurut Sarmini, BUMDes-nya dikelola oleh masyarakat Desa Bacem. Selain untuk memenuhi pendapatan asli desa (PAD) juga sebagai lapangan pekerjaan untuk warga desa. Dia juga menambahkan, yang menjadi unggulan BUMDes-nya PAB dan koperasi simpan pinjam.

“Alhamdulillah mas, dari masing-masing unit usaha bisa menyerap tenaga kerja dari warga mas, dan kami optimis BUMDes ini akan memacu roda pertumbuhan ekonomi warga,” tambahnya.

Kades menambahkan, usaha produk unggulan yang berjalan, melalui simpan pinjam dengan tujuan membantu masyarakat hidup sejahtera dan bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya.
“Saat ini kita melayani warga Desa Bacem, kedepannya kita akan kembangkan lebih besar, menyesuaikan anggaran desa” tambah Kades yang baru satu periode ini.
Kemudian untuk peternakan, lanjut Sarmini, yakni di bidang penggemukan sapi, dimana BUMDes mengelola 20 ekor sapi dalam satu kandang. Unit usaha ini merupakan BUMDes bersama, yang bekerjasama dengan BUMDes Desa Kawengan.

“Usaha penggemukan sapi ini kerjasama dengan BUMDes Kawengan, komitmenya yang dikelola di Bacem 20 ekor sapi, di Desa Kawengan 40 Ekor Sapi” Ungkapnya.

Terkait pengelolaan PAB, saat ini pihak desa memprogramkan peralonisasi, untuk saluran air kerumah warga. “Kita programkan itu tahun 2018 mas” imbuh Ibu 2 anak ini.
Sedangkan penyewaan molen, untuk setiap proyek yang ada didesa atau warga yang sedang melaksanapkan pembangunan didesanya.

Reporter : Ngatono

banner 120x500
  • Bagikan