fbpx

DI BLORA, 572 SEKOLAH TERAPKAN KURIKULUM MERDEKA

Tunjungan- Sekolah Dasar (SD) Sasmita Edukasi Blingi, Tunjungan, Blora, Menggalakan Program Bank Sampah yang dilakukan seminggu sekali dengan tujuan untuk melatih peduli lingkungan sekitar dan memanfaatkan barang bekas.
Ilustrasi SEkolah Dasar.

Blora, BLORANEWS- Kasi Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Blora, Buana Adi Nugroho mengungkapkan, belum semua SD di Blora menerapkan kurikulum merdeka. 

Dari 644 SD dalam naungannya, sebanyak 572 sekolah yang sudah menerapkan. Sedangkan 72 sekolah masih menggunakan kurikulum 2013.

“Ada yang mendaftar merdeka belajar, merdeka berbagi dan merdeka berubah,” jelasnya, Kamis (19/01). 

Ditengarai, sejumlah sekolah terlambat saat pendaftaran. padahal, pihak sekolah sudah diberikan sosialisasi sebelum dimulai pendaftaran. Meski demikian, pihak sekolah tidak memberikan alasan kenapa belum menerapkan merdeka belajar.

“Karena kemarin waktu pendaftaran, alasannya tidak disampaikan ke kami, bagi sekolah yang menginginkan kurikulum merdeka mendaftar, di situ ada wawancara kemudian muncul rekomendasinya,” tutur Buana Adi Nugroho. 

Sebab pihaknya mengaku telah melakukan bimbingan teknis kepada sekolah untuk menerapkan merdeka belajar sehingga tidak mendapat kendala dan keluhan.

“Bimtek sudah dianggarkan pada anggaran perubahan tahun kemarin, tahun ini juga dianggarkan untuk bimtek lagi,” jelas Buana.

Dirinya menambahkan, pembelajaran kurikulum merdeka berbeda dengan kurikulum 2013.

“Kurikulum merdeka terdapat Penguatan profil pelajar pancasila. Orientasinya lebih kepada peserta didik di banding Kurikulum 2013,” pungkasnya. (dj)

Verified by MonsterInsights