fbpx

GARAPAN BLORA MASUK BEST MOVIE ANTIKORUPSI YANG DISELENGGARAKAN KPK

Blora, BLORANEWS – Kabar mengejutkan, film yang berjudul “sedikit” mendapat penghargaan Best ACFFEST Movie Award, Category Short Fiction pada festival film yang bertajuk Awarding Night Anti-Corruption Film Festival (ACFFEST) 2022 yang diselenggarakan KPK di Pusat Perfilman Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan.

Film yang dibintangi oleh Mustofa, Yonas Shevantano dan Uchi ini merupakan karya produksi dari Nirmana film yang disutradarai oleh Jati wisnu pamungkas.

“Saya sangat bangga dengan hasil yang memuaskan ini, hal ini merupakan surprise untuk saya dan tim ternyata film garapan dari Blora berhasil mendapat penghargaan best ACFFEST Movie Award”. Ucap sutradara Jati Wisnu Pamungkas saat diwawancarai, sabtu (03/12/2022) malam.

Jati wisnu pamungkas mengaku dengan dibuatnya film ini mampu mendongkrak dunia perfilman khususnya dikabupaten Blora yang jarang orang ketahui bahwa di Blora sendiri tak sedikit yang mempunyai bakat untuk membuat film. Dia juga berharap agar pemerintah Kabupaten Blora ikut memperhatikan serta mensupport agar di Blora ini lebih banyak lagi produksi film dari buah tangan masyarakat.

Film yang berjudul “sedikit” bercerita tentang seorang pemuda sederhana bernama Wakejo yang bekerja sebagai kenek ditoko material. Hidupnya tertekan oleh istri karena masalah rumah yang tak kunjung baik, Wakejo berniat memanfaatkan pekerjaannya sebagai kenek supir yang sering mengantar material untuk memperbaiki rumahnya sendiri dengan cara yang tidak baik.

Film hasil kerja bareng Nirmala film dan Bloranews tersebut diharapkan mampu menggairahkan dunia perfilm an di Kabupaten Blora, Produser film Sedikit, Abdul Jalil memaparkan film bertema nilai antikorupsi, dengan pesan moralitas dan humanitas. 

“Baru kali ini Blora mewakili Acffest ini tingkat nasional. Dan ini merupkan bukti bakti orang kampung turut serta memberantas praktik korupsi di negara ini,” paparnya.

Sebagai informasi, Acffest 2022 terbagi menjadi tiga kategori film yaitu kategori film proposal ide cerita, kategori film pendek fiksi, dan kategori film pendek dokumenter.

Kategori Film Proposal Ide Cerita, film Titip Sendal (Historia, Pontianak) mendapat penghargaan Best ACFFEST Movie Award, Category Short Film. Sedangkan Favorite ACFFEST Movie Award, Category Short Film – Loma (Relung Production, Yogyakarta)

Kategori Film Pendek Fiksi, Best ACFFEST Movie Award, Category Short Fiction yaitu Sedikit (Nirmana Films, Blora). Untuk 2nd Winner ACFFEST Movie Award, Category Short Fiction – Soto Ayam (Tutur Creaive, Sleman). Sementara Special Mention ACFFEST Movie Award, Category Short Fiction – Labirin Lembusora (Javora Studio, Blitar).

Kategori Film Pendek Dokumenter, Best ACFFEST Movie Award, Category Short Documentary yaitu film Elin (Yayasan Gotong Royong Kreatif, Aceh). Special Mention ACFFEST Movie Award, Category Short Documentary, yaitu film Utan Bi’ha Re’hi (Loka Pola, Maumere).

“Terima kasih kepada kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses produksi ilm tersebut, antara lain DPD Partai Nasdem Kabupaten Blora, Suma Novendi dari DPC Hiswana Migas Pati,Budi santoso dari PKS, Komang Gede Irawadi Sekda Blora,” pungkas Abdul. (jam)