fbpx

IMLEK BLORA : BERLIMPAH REJEKI DI TAHUN AYAM API

  • Bagikan
Berbagai sajian di depan altar dewa bumi melambangkan harapan kaum Tionghoa akan rejeki yang melimpah. Foto :Bloranews
Berbagai sajian di depan altar dewa bumi melambangkan harapan kaum Tionghoa akan rejeki yang melimpah. Foto :Bloranews

Blora- Tahun baru Imlek 2568 bertepatan dengan tanggal 28 Januari 2017. Masyarakat etnis Tionghoa dari segala penjuru dunia pun merayakan datangnya tahun baru ini dengan berbagai perayaan. Tidak berbeda dengan  masyarakat etnis Tionghoa di kabupaten Blora, Imlek tahun ini dirayakan dengan penuh suka cita.

Perayaan Imlek di Blora dipusatkan di kelenteng Hok Tik Bio Blora yang terletak di ruas jalan pemuda. Kemarin (27/1) pentas Liong (tarian naga) ditampilkan oleh remaja-remaja Tionghoa di pusat peribadatan umat Tridharma tersebut. Kelenteng Hok Tik Bio selain sebagai tempat peribadatan, juga menjadi tempat mengenal budaya Tionghoa di kabupaten Blora. Siang ini, Bloranews.com mengunjungi kelenteng Hok Tik Bio untuk melihatnya lebih dekat.

Pak Sintoro, salah satu pengurus kelenteng menjelaskan serba-serbi kelenteng Hok Tik Bio dan perayaan Imlek tahun ini. “ Kemarin ada penampilan Liong (tarian naga) oleh anak-anak dan remaja. Sederhana, tapi meriah” tuturnya.

Menurut penjelasan Pak Sintoro, pesan dari Imlek sendiri adalah harapan melimpahnya rejeki di tahun ini. “Harapan itu terlihat dari sesajian yang ada” jelasnya.

Sajian tersebut terdiri atas aneka ragam buah-buahan (dengan jenis yang telah ditentukan / sesuai aturan leluhur), tebu dan berbagai macam bunga. Buah-buahan melambangkan pengharapan berlimpahnya rejeki, ruas tebu melambangkan panjang umur sedangkan berbagai macam bunga melambangkan semakin harumnya budi pekerti di tahun ini [.]

Reporter : Muhammad Eko

banner 120x500
  • Bagikan