BERSIH-BERSIH KLENTENG AWALI PERAYAAN IMLEK DI BLORA

Blora- Ada 4 kegiatan utama yang akan digelar Yayasan Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Hok Tik Bio Blora selama perayaan Imlek 2571. Acara pertama yang akan digelar adalah bersih-bersih klenteng, atau dikenal dengan nama upacara Ngayak Abu.

 

Ketua Yayasan TITD Hok Tik Bio Blora, Budilistijo Suboko

Ketua Yayasan TITD Hok Tik Bio Blora, Budilistijo Suboko

 

Ketua Yayasan TITD Hok Tik Bio Blora, Budilistijo Suboko menjelaskan, upacara Ngayak Abu akan digelar pada Minggu (19/01) mendatang. Upacara ini akan dimulai pukul 08.00 WIB sampai selesai. Makna upacara ini, membersihkan diri menjelang tahun baru.

“Kita membersihkan altar para suci. Tempat hio (dupa) kita bersihkan. Karena kan di tempat hio itu ada batang-batang hio, jadi kita pisahkan. Kita ayak. Nah itulah kenapa dinamakan Ngayak Abu,” terangnya.

Acara kedua, adalah Sembahyang Tahun  Baru Imlek yang akan dilaksanakan pada Jumat (24/01). Dalam kesempatan ini, akan ditampilkan pula pagelaran Liong (tarian naga) dan Barongsai. Agenda ketiga adalah sembahyang King Thi Kong, yang akan dilaksanakan pada Sabtu (01/02) mendatang.

Acara terakhir dalam perayaan Imlek 2571 di Klenteng Hok Tik Bio Blora adalah sembahyang Cap Go Meh, pada Sabtu (08/02) mendatang. Seperti dalam puncak Tahun Baru Imlek, dalam Cap Go Meh juga akan ditampilkan atraksi Liong dan Barongsai.

“Dalam Imlek ini kita berharap, persatuan kita sebagai Bangsa Indonesia akan semakin kokoh dan semakin erat. Mari kita sama-sama bersatu untuk memajukan bangsa ini,” harapnya. (jyk)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan