fbpx

INDAHNYA BONSAI SAGITA SUMBERAGUNG BANJAREJO

  • Bagikan
Koleksi Bonsai Sagita di Dusun Bringin RT 05 RW 01 Desa Sumberagung Banjarejo.

Banjarejo – Di Banjarejo, tepatnya di Dusun Bringin Desa Sumberagung terdapat pengrajin bonsai. Pengrajin ini telah sepuluh tahun bergelut di bidang seni membuat bonsai. Keluar masuk hutan untuk mencari bahan bonsai merupakan kegiatan sehari-hari baginya. Tak heran, dari kerja kerasnya tercipta aneka macam bonsai dari berbagai macam tanaman.

 

Koleksi Bonsai Sagita di Dusun Bringin RT 05 RW 01 Desa Sumberagung Banjarejo.

 

Arif Budiman, pengrajin Bonsai Sagita menjelaskan langkah-langkah membuat bonsai mulai dari perburuan bahan di hutan sampai perawatannya.

“Pertama kita cari bahan di hutan, tidak semua tanaman bisa dijadikan bonsai. Biasanya kita ambil Serut, Kawista, Rabika, Grasak dan Beringin,”  jelas Arif, Minggu (15/10).

Tidak mudah mengangkut bahan bonsai dari hutan ke rumah. Harus dipastikan, akar bahan tidak banyak yang terpotong dan tanah asal bahan tidak tertinggal. Setelah sampai di rumah, dilakukan sejumlah langkah untuk meerapikan bahan bonsai.

“Akar yang kurang rapi, dipotong. Kemudian ranting dan dahan dibentuk diserasikan dengan bentuk daun sehingga tercipta bentuk yang ideal. Untuk pembengkokan ranting dan dahan, tidak cukup dilakukan melalui satu pengamat. Biasanya tiap orang memiliki seleranya masing-masing,” lanjut Arif. Ia menambahkan, penyiraman dan pemupukan tidak boleh dilupakan dalam dunia perawatan bonsai.

Biasanya, para pembeli tidak sabar menunggu hingga bonsai jadi. Tak jarang, Bonsai Sagita menjual bahan bonsai. Harga paling murah berkisar di angka ratusan ribu rupiah, sedangkan yang paling mahal mencapai jutaan rupiah.

“Saya tidak ingat pasti, tapi sepertinya Bonsai dari Kawista yang kita jual dengan harga yang cukup mahal. Tapi selebihnya terjangkau lah, tergantung tanaman, bentuk dan tingkat kesulitan pembuatannya,” tambah Arif.

Bagi anda yang berminat melihat secara langsung koleksi Bonsai Sagita, bisa langsung berkunjung ke tempat pembuatan bonsainya di Dusun Bringin RT 05 RW 01 Desa Sumberagung Banjarejo.

“Kalau kesulitan, tanya saja rumah Pak Giyanto / Sagi Bonsai, atau bisa menghubungi via sms di 082225280395 / 0895326348106, biar ga salah orang mas” pungkas Arif.

Reporter : Jacko Priyanto                       

  • Bagikan