fbpx

KIRAB MERAH PUTIH, BENDERA 1001 METER DIBENTANG

Bendera merah putih sepanjang 1001 meter dibentangkan pada Kirab Merah Putih dalam rangka peringatan Hari Pahlawan, Kamis (10/11/2022) di Lapangan Pancasila Simpanglima Semarang.
Kirab Merah Putih dalam rangka peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Pancasila Simpanglima Semarang.

Semarang, BLORANEWS – Bendera merah putih sepanjang 1001 meter dibentangkan pada Kirab Merah Putih dalam rangka peringatan Hari Pahlawan, Kamis (10/11/2022) di Lapangan Pancasila Simpanglima Semarang.

Bendera Indonesia 1001 meter tersebut dibawakan oleh pelajar, pramuka, mahasiswa dan diiringi elemen organisasi kemasyarakatan pemuda, orgasme, ASN, budayawan, TNI, polisi dan lainnya. Total sekitar 11 ribu membawa bendera merah putih dari Balai Kota Semarang ke Lapangan Pancasila Semarang.

Kirab mengarak bendera merah putih sepanjang 1001 meter hingga doa untuk bangsa bersama perwakilan masing-masing agama. Acara kirab diinisiatori oleh tokoh ulama kharismatik Maulana Habib Luthfi bin Ali bin Yahya. Harapannya dengan kirab bendera panjang ini, kata dia, agar semangat merah putih tetap bergelora kepada anak bangsa.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jateng KH Ahmad Darodji yang turut menjadi peserta doa bersama untuk bangsa menyampaikan, doa dilakukan untuk mendoakan para pahlawan yang telah berkorban demi bangsa.

“Bagaimana kita meneladani mereka. Yuk, kita jadikan ini momentum menghargai jasa pahlawan. Kita mengikuti jejak yang telah mereka berikan kepada kita,” kata Darodji.

Sebelum kirab, dilakukan upacara Hari Pahlawan yang dipimpin oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengenakan baju adat dan didampingi Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen. Bendera sepanjang 1001 meter mampu membuat kagum Ganjar. Beberapa kali, gubernur antusias dengan bertepuk tangan melihat para pelajar hingga peserta lain membawa bendera.

“Kirab peringatan Hari Pahlawan ini untuk membangkitkan rasa nasionalisme, dan patriotisme ke generasi penerus bangsa. Kami terima kasih sekali didukung Pemprov Jateng, Pemkot Semarang dan semua pihak,” ucap Ketua Kirab Merah Putih, Adhi Siswanto Wisnu Nugroho. (jam)