TRADISI TONG TONGKLEK YANG DILESTARIKAN PIK-R NGLENGKIR

Bogorejo, – Bulan suci ramadan bulan penuh berkah dan pahala bagi umat Islam, berbagai kegiatan di bulan itu pun digelar untuk menyemarakannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh para remaja dan pemuda di Desa Nglengkir, Kecamatan Bogorejo, Blora, setiap pukul 01.30 pagi mereka sudah berkeliling kampung bersama kawan-kawannya dengan membunyikan tong tongklek untuk membangunkan orang mempersiapkan makan sahur hingga pukul 03.00 Wib.

 

TRADISI TONG TONGKLEK YANG DILESTARIKAN PIK-R NGLENGKIR

Berbagai kegiatan  digelar untuk menyemarakan Bulan Romadhan. Foto : Bloranews

 

Tradisi tong tongklek itu dilestarikan oleh para remaja yang juga tergabung dalam organisasi Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Cahaya Muda desa setempat, dengan menggunakan peralatan seadanya. Yaitu kentongan sebagai alat utama, dari bahan bambu yang dilubangi, dikolaborasikan dengan  gamelan serta jerigen air (dijadikan sebagai bas).

Selain itu, ditambah peralatan modern seperti tamborin dan symbal sebagai pelengkap mengiringi alunan musik kentongan yang ditabuh.

Menurut Koordinator tong tongklek Desa Nglengkir, Basiran sebelum memulai aksi, kaum muda yang akan memainkannya berkumpul di pos kampling dengan membawa peralatan masing-masing, dilanjutkan dengan berkeliling kampung untuk membangunkan orang yang hendak menjalankan ibadah puasa di esok hari.

“Anggotanya 7 orang, yang lainnya tambahan. Mulai jam setengah dua  terus jalan keliling, gugah wong turu biar bangun untuk sahur,” ucap Basiran.

Basiran menuturkan komposisi pada kelompok tersebut terdiri dari tiga vokal dengan memainkan thethek kentongan termasuk dirinya. Kemudian satu pemain tamborin,  satu pemain gamelan dan satu pemain symbal, yang dipinjam dari kelompok barongan didesa setempat.

“Sambil thethek kita juga diiringi sholawatan tombo ati sama tembang pepeling jawa, juga lagu-lagu lainnya,” ujar pria yang sehari-hari bekerja sebagai petani itu.

Ia menambahkan, selama satu bulan penuh berjalan mengelilingi jalan Desanya dengan suka cita. Dalam waktu dekat kelompok PIK-R itu akan diajak kerjasama dengan Polsek Bogorejo untuk berkeliling se Kecamatan Bogorejo. “Nanti sama polsek pakai mobil patroli,” imbuhnya.

Sementara itu, Aiptu Mulyono Babikamtibmas Polsek Bogorejo desa tersebut membenarkan akan mengadakan thethek bersama PIK-R Nglengkir dalam waktu dekat.

“Iya. Kegiatannya akan segera kita tindaklanjuti dan difasilitasi dengan mobil patroli Polsek,” ujar Mulyono.

Tradisi tong tongklek atau thethek itu sendiri sudah berjalan pada tahun-tahun sebelumnya, selama bulan ramadhan.

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.