fbpx

URI-URI BUDAYA, GELAR GREBEG DESA BANGKLE

Warga masyarakat Kelurahan Bangkle, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora merayakan tegas deso atau sedekah bumi dengan kirab pusaka. Dengan judul “Grebeg Kelurahan Bangkle”.
Upacara Grebeg Desa Bangkle.

Blora, BLORANEWS – Warga masyarakat Kelurahan Bangkle, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora merayakan tegas deso atau sedekah bumi dengan kirab pusaka. Dengan judul “Grebeg Kelurahan Bangkle”.

Lurah Bangkle, Andi Nurrohman mengungkapkan, perayaan sedekah bumi, Selasa (7/6) malam, diawali dengan Kidung Panyumbogo Wirajaga. Artinya menyalakan obor di rute yang telah disiapkan.

“Malam hari ini bersama warga masyarakat Kelurahan Bangkle melakukan hajat sedekah bumi dalam bentuk Grebeg Desa Bangkle. Maksudnya, kita nguri-uri budaya leluhur yang telah ditinggalkan di bumi Sentana Bangkle,” ungkapnya.

BACA JUGA :  MERIAH, BUPATI BERHARAP GREBEG BANGKLE BISA JADI EVENT TAHUNAN BLORA

Upacara Kirab Pusaka dilaksanakan di kantor Kelurahan Bangkle, Selasa (7/6) pukul 18:30 WIB. Para peserta kirab menggunakan pakaian adat Jawa. Kirab Pusaka dilaksanakan malam ini pukul 23:00. Tiga tombak akan diarak yang sudah diawali dengan Kidung Panyumbogo Wirajaga.

“Tidak hanya tiga tombak saja, namun bagi warga masyarakat yang ingin nguri-uri dengan kegiatan kirab pusaka juga dipersilahkan. Alhamdulillah kami kedatangan grub barongan dari Nglaroh Gunung (Jepon) yang dulu pernah mencetak sejarah dari peninggalan leluhur pada tahun 1930 silam,” terangnya. (Jam).

BACA JUGA :  SEDEKAH BUMI DAN HARI PASARAN