fbpx

URI-URI BUDAYA, SANGGAR MUSTIKO JOYO GELAR PENTAS SENI BARONGAN

Sanggar Seni Mustiko Joyo menggelar pentas seni barongan dalam rangka memperingati suronan pada sabtu malam (6/8/2022). Pementasan tersebut dihelat di pelataran tempat latihan tari, Desa Bleboh, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora.
Pentas Seni Barongan di Desa Bleboh, Kecamatan Jiken, Blora.

Jiken, BLORANEWS – Sanggar Seni Mustiko Joyo menggelar pentas seni barongan dalam rangka memperingati suronan pada sabtu malam (6/8/2022). Pementasan tersebut dihelat di pelataran tempat latihan tari, Desa Bleboh, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora.

Kepala Desa Bleboh, Leles Budiyono menerangkan, selain dalam rangka memperingati Bulan Syuro, pementasan seni barong ini juga dijadikan ajang untuk  melestarikan budaya lokal.

BACA JUGA :  SOSIAWAN LEAK: MERDEKA BERPIKIR HARUS DIMULAI SEJAK DINI

“Seni barongan sebagai budaya jawa semoga dapat memberi tauladan kepada anak-anak Desa Bloboh dan masyarakat agar senantiasa memperhatikan dan melestarikan seni kebudayaan kita,” terangnya.

Terlihat, mayoritas personil seni barong dalam perhelatan kali ini diisi oleh kawula muda. Seperti halnya yang diungkapkan Yuni selaku ketua Sanggar Seni Mustiko Joyo.

“Ada sekitar 45 personil dari kalangan anak-anak dan pemuda. Mereka berasal dari Desa Bleboh, Janjang dan Kedewan,” jelas Yuni.

BACA JUGA :  GANJAR KUNJUNGI KAMPUNG SAMIN MINTA LESTARIKAN KEARIFAN LOKAL

Melihat banyaknya partisipasi kawula muda, Eka Wahyu Hidayat selaku perwakilan Dinporabudpar Kabupaten Blora pun memberikan apresiasi setinggi-tingginya. Ia juga meminta kepada masyarakat agar segala jenis seni di daerah Blora di daftarkan ke Dinporabudpar.

“Rencananya kami akan menyelenggarakan festival barongan Blora guna memperingati hari jadi kota Blora. Nantinya satu kecamatan satu barongan bisa ikut didaftarkan untuk mengikutinya,” tambah Eka. (Jib).

BACA JUGA :  IDENTITAS PRIMORDIAL DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL