fbpx

KARNAVAL BUDAYA RAMAIKAN SEDEKAH BUMI NDOWAN DESA SAMBONGREJO

Karnaval Budaya dalam Sedekah Bumi Ndowan, Desa Sambongrejo Kecamatan Ngawen, Kamis (26/07).

Ngawen – Sedekah Bumi Ndowan Desa Sambongrejo Kecamatan Ngawen berlangsung meriah. Tak cukup hanya dengan upacara adat makan bersama di punden desa, Sedekah Bumi kali ini diramaikan dengan gelaran karnaval budaya yang diikuti warga setempat secara antusias.

Budaya yang ditampilkan dalam karnaval ini meliputi, Seni Barongan, Seni Tayub, Reog, Busana Hias, Busana Adat, dan Profesi Keseharian. Karnaval ini diikuti puluhan regu yang tergabung dalam delapan kelompok peserta.

 

Karnaval Budaya dalam Sedekah Bumi Ndowan, Desa Sambongrejo Kecamatan Ngawen, Kamis (26/07).

 

Kepala desa (Kades) Sambongrejo, Kohir mengaku, pihaknya tidak bekerja sama dengan sponsor untuk melaksanakan kegiatan ini. Pembiayaan Sedekah Bumi sepenuhnya ditanggung Pemerintah Desa.

“Untuk melaksanakan kegiatan ini, kami percayakan kepada Panitia Sedekah Bumi. Tujuannya sama seperti desa-desa yang lain, mempertahankan budaya dan tradisi yang telah dilakukan selama ratusan tahun ini,” jelasnya di sela-sela karnaval budaya, Kamis (26/07).

Peserta karnaval budaya, berpawai melewati rute yang telah ditentukan. Sepanjang rute, terdapat tiga pos penilaian. Aspek yang dinilai dalam karnaval ini meliputi kerapian, kekompakan dan kreativitas. Sejumlah hadiah berupa uang tunai dan kambing, membuat acara tahunan desa ini semakin meriah.

 

Reporter : Saiful Huda