5 KESENIAN KHAS KABUPATEN BLORA

kesenian blora

Kabupaten Blora memiliki khazanah kesenian yang beragam. Berbagai kesenian tersebut dilestarikan hingga kini. Selain menarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke Blora, kesenian yang ada juga merupakan perwujudan dari tingginya kreativitas masyarakat Blora. Berikut ini lima kesenian khas Kabupaten Blora yang saat ini masih dilestarikan oleh masyarakat.

  1. BARONGAN BLORASeni barongan Blora

Barogan Blora merupakan kesenian yang sangat populer di masyarakat. Pertunjukan Barongan digelar pada agenda-agenda desa seperti sedekah bumi maupun agenda keluarga seperti khitanan.Barongan dipertunjukkan dengan dua gaya, dengan lakon (alur cerita) dan tanpa lakon (berupa pawai / arak-arakan).

  1. TAYUB BLORASeni Tayub blora

Tayub Blora sering digelar dalam berbagai agenda di Blora. Lazimnya, pertunjukkan Tayub digelar pada pesta pernikahan. Selain itu pertunjukkan Tayub juga kerap ditampilkan dalam agenda tahunan desa seperti Sedekah Bumi. Untuk melestarikan kesenian asli Blora ini, pemerintah daerah pernah mengagendakan Festival Tayub Nusantara di Taman Rekreasi Tirtonadi Blora.

  1. KADROHAN / TERBANGANSeni Hadrah Blora

Kadrohan atau Seni Hadroh di Blora lahir di berbagai kecamatan / desa yang memiliki kultur santri yang kental. Di Kecamatan Blora Kota dan Kecamatan Ngawen keseniah Hadroh berkembang dengan pesat. Seni hadroh biasa ditampilkan untuk mengisi acara-acara pengajian, khitanan dan perkawinan.

Secara garis besar, seni Hadroh terbagi atas dua jenis, tradisional dan modern. Hadro tradisional dimainkan tanpa menggunakan alat musik melodis seperti Keyboard Piano dan Biola. Ditengah-tengah pertunjukkan Hadroh, biasa dibacakan narasi Berjanjen atau Manaqib Syeh Abdul Qodir Jailani.

  1. KETHOPRAKSeni Kethoprak Blora

Pertunjukan Kethoprak di Blora merupakan pertunjukan yang diminati oleh sebagian besar masyarakat Blora, tua maupun muda. Beragam lakon ditampilkan dalam pertunjukan ini. Di Blora terdapat belasan grup Kethoprak yang siap melayani berbagai agenda. Desa Tempuran di Kecamatan Blora Kota dan Desa Jatirejo  di Kecamatan Jepon merupakan desa dengan banyak grup Kethoprak.

  1. KARAWITANseni kerawitan blora

Karawitan merupakan kesenian yang kerap ditampilkan dalam agenda pernikahan. Fungsi utama dari seni Karawitan adalah untuk menghibur tamu pada pesta pernikahan dengan iringan musik jawa. Seperangkat gamelan lengkap menjadi senjata utama  grup karawitan untuk menyemarakkan upacara pernikahan [.]

Baca Juga :

5 MAKANAN KHAS KOTA MUSTIKA

5 KERAJINAN RAKYAT YANG ADA DI KABUPATEN BLORA

5 DESTINASI WISATA BELANJA KOTA MUSTIKA

5 JAMU TRADISIONAL YANG POPULER DI BLORA

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.