fbpx

BANYAK YANG BELUM TAU, INI MANFAAT BENDUNGAN RANDUGUNTING UNTUK MASYARAKAT

  • Bagikan
Rabu Sore, (5/1) Presiden Jokowi telah meresmikan Bendungan Randugunting yang berada di Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora.
Bendungan Randugunting, Desa Kalinanas, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora.

Rabu sore, (5/1) Presiden Jokowi telah meresmikan Bendungan Randugunting yang berada di Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora.

Bendungan Randugunting adalah bendungan ke-14 yang telah diresmikan Presiden Jokowi dari 15 bendungan yang selesai tahun 2021. Diharapkan, pembangunan Bendungan Randugunting mampu memberikan manfaat bagi Masyarakat Blora dan sekitarnya.

Sampai diresmikan Rabu sore (5/1/2022), banyak masyarakat yang belum tau manfaat dari pembangunan Bendungan Randugunting. Untuk mengetahuinya, berikut ulasan manfaat Bendungan Randugunting untuk masyarakat.

1. Sebagai Irigasi

Tentunya elemen pertama yang merasakan manfaat dari Bendungan Randugunting ialah petani. Sedari awal, tujuan utama dibangunya Bendungan Randugunting ialah untuk mensejahterakan petani. Apalagi Blora identik dengan daerah rawan air, sehingga kondisi tersebut berdampak pada produktifitas petani. Hal inipun disampaikan Presiden Jokowi saat Meresmikan Bendungan Randugunting.

“Alhamdulillah hari ini kami bisa hadir ke Blora lagi. Bendungan ini bisa segera dimanfaatkan. Bendungan ini memiliki kapasitas tampung air sekitar 14,4 juta meter kubik dan bisa mengairi kurang lebih 650 hektar sawah yang berada di Kabupaten Blora, Pati dan Rembang,” ucap Presiden.

2. Tempat Pariwisata

Selain berfungsi untuk irigasi, Bendungan Randugunting juga diharapkan bisa menjadi destinasi wisata biar berdampak pada meningkatnya perekonomian masyarakat.

“Yang terakhir kita harapkan juga, waduk ini, waduk Randugunting ini nanti juga bisa menjadi tempat pariwisata yang sangat baik bagi Kabupaten Blora dan masyarakat di sekitar Kabupaten Blora,” harap Presiden Jokowi.

3. Pasokan Air Baku

Walaupun fungsi utama Bendungan Randugunting sebagai irigasi sawah, Bendungan Randugunting juga bisa dimanfaatkan sebagai pasokan air baku. Masyarakat Blora sering sekali kekurangan pasokan air baku, terutama saat musim kemarau, dan keberadaan Bendungan Randugunting diharapkan mampu mengatasi persoalan tersebut.

4. Mereduksi Banjir

Kemudian satu hal lagi yang tak kalah bermanfaat ialah, Bendungan Randugunting dengan luas genangan 187,19 hektare bisa berfungsi untuk mereduksi banjir sebesar 75% atau sebesar 81 m3/detik dengan pengurangan luas areal terdampak banjir dari 4.604 hektare menjadi 2.285 hektare.

5. Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Terakhir, Bendungan Randuguting bisa dimanfaatkan sebagai sumber Pembangkit Listrik Tenaga Surya dengan sistem solar panel. Hal itu dijelaskan Menteri PUPR, Mochamad Basoeki Hadimoeljono saat Peresmian Bendungan Randugunting.

“Bendungan ini memiliki potensi untuk solar energi. Jadi kita akan coba memasang floating solar panel di bendungan,” ujar Menteri Basoeki.

Redaksi

 

  • Bagikan