fbpx

KAMPUNG PANCASILA SEBAGAI UPAYA TANGKAL RADIKALISME

Desa Pengkoljagong Kecamatan Jati, Kabupaten Blora dicanangkan sebagai Kampung Pancasila pada, Sabtu (26/3). Pencanangan ini sebagai upaya menangkal paham radikalisme dan bertujuan agar masyarakat mampu mengamalkan nilai-nilai Pancasila, khususnya generasi muda.
Bupati Arief Rohman(baju batik hijau) dan Kasdam Parwito (baju doreng berkacamata) bersama pejabat pemerintah lainnya dalam acara pencanangan Kampung Pancasila di Desa Pengkol Jagong.

Jati – Desa Pengkoljagong Kecamatan Jati, Kabupaten Blora dicanangkan sebagai Kampung Pancasila pada, Sabtu (26/3). Pencanangan ini sebagai upaya menangkal paham radikalisme dan bertujuan agar masyarakat mampu mengamalkan nilai-nilai Pancasila, khususnya generasi muda.

Dalam pidato Pangdam IV Diponegoro Mayjen Rubianto yang dibaca oleh Kasdam IV Diponegoro Brigjen TNI Parwito, Pancasila sebagai dasar negara merupakan pegangan hidup dalam kehidupan berbangsa. Kampung Pancasila sebagai salah satu aplikasi mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

“Pencanganan kampung Pancasila sangat penting untuk memutus rantai radikalisme yang tersebar di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Sehingga, kampung Pancasila perlu didukung oleh seluruh lapisan masyarakat,” ucapnya di Balai Desa Pengkoljagong.

BACA JUGA :  PERTUKARAN BUDAYA DI FESTIFAL BAMBANGAN CAKIL 2020

Kasdam menjelaskan, Jawa Tengah dengan beragam latar belakang suku, agama, ras dan antar golongan. Jika tidak dikelola dengan baik berpotensi timbulnya konflik yang dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok radikal.

“Keberadaan Kampung Pancasila ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran serta mendukung kehidupan masyarakat yang rukun yang santun dan berbudaya sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila,” tuturnya.

BACA JUGA :  GUS GHOFUR : RADIKALISME ITU MENULAR LEWAT KEBODOHAN DAN KEMISKINAN

Bupati Blora, Arief Rohman mengapresiasi dan mendukung pencanangan Kampung Pancasila. Menurutnya pencanangan ini adalah bentuk komitmen antara masyarakat dengan TNI/Polri yang selalu bersinergi.

“Atas nama Pemkab Blora mengucapkan selamat datang pak Kasdam dalam rangka pencanangan Kampung Pancasila. Kita ada 16 Kecamatan akan kita canangkan semua. Upaya ini terus kita dengungkan dalam menjaga Pancasila dan NKRI,” katanya.

Peresmian Kampung Pancasila Desa Pengkoljagong dihadiri Wakil Bupati Blora, Danrem 073/Makutarama, Sekretaris Utama BPIP, Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah, Direktur Sosialisasi dan Komunikasi, Direktur Pembudayaan dan Jaringan, hingga Dandim 0721/Blora, Ketua DPRD dan Wakapolres Blora.

BACA JUGA :  DIREKTUR SEMARANG ZOO APRESIASI PERDES PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DI PENGKOLJAGONG

Selain mencanangan Kampung Pancasila, Kasdam Parwito meluncurkan aplikasi e-Kampung Pancasila. Kemudian pihak PPID menyerahkan secara simbolis permainan yang mengandung nilai-nilai Pancasila, salah satunya ialah permainan Pancamain.

Sebagai informasi, berbagai kegiatan digelar untuk memeriahkan acara tersebut. Mulai lomba foto jurnalistik, Kunjungan ke UMKM, Lomba Mural, pembacaan puisi, Pagelaran Wayang Kulit dan lainnya. (Ads).