fbpx

LULUS SD DAN SMP DIHARAP MAMPU BACA TULIS AL QUR’AN

Bupati Blora, Arief Rohman.
Bupati Blora, Arief Rohman.

Blora, BLORANEWS – Bagi siswa muslim jenjang SD dan SMP Negeri di Kabupaten Blora akan ada materi pendalaman membaca dan menulis Al Qur’an. Diharapkan ketika lulus memiliki kemampuan baca tulis Al Qur’an.

Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Bupati No: 421/3665/2022 tentang pendalaman baca tulis Al Quran bagi peserta didik muslim jenjang SD dan SMP Negeri di Kabupaten Blora yang telah dilaunching Bupati Blora, Arief Rohman. Dia menilai memberikan penguatan baca tulis Al Qur’an harus ditanamkan sejak dini.

“Di Blora ini agar anak kita yang beragama islam, untuk anak SD/MI yang sekolah islam saya kira sudah diberikan ini, untuk SD negeri, SMP negeri maupun swasta agar ketika lulus sekolah nanti punya kemampuan baca tulis Al Qur’an,” terang Bupati.

BACA JUGA :  SAMBUT ERA INDUSTRI 4.0, SMP DI RANDUBLATUNG INI BUKA KELAS DIGITAL

Seremoni launching dilakukan Bupati Blora, bersama Kepala Dinas Pendidikan Blora, dan perwakilan dari Kemenag Blora, Sabtu (24/9) di Aula SMP 1 Blora, bersamaan dengan pembukaan lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam & Seni Islam Sekolah Dasar (MAPSI-SD) ke-24 tingkat Kabupaten Blora.

Bupati Blora menyambut baik gelaran lomba MAPSI tingkat kabupaten ini untuk semakin memotivasi anak didik untuk berprestasi. Nantinya bisa mengharumkan nama sekolah, orang tua, maupun nama daerah.

BACA JUGA :  SEKOLAH ALAM SD SE LAUNCHING PROGRAM BANK SAMPAH

“Melalui kegiatan lomba MAPSI memiliki tujuan yang sangat baik dengan menjaring bakat dari siswa-siswi SD baik Negeri maupun Swasta yang ada di Kabupaten Blora yang nantinya dapat mewakili di kancah provinsi,” harapnya.

Sebagai informasi, MAPSI tingkat provinsi akan dilaksanakan nanti pada tanggal 4 sampai 6 November di Donohudan, Solo. Setidaknya ada 345 peserta lomba MAPSI dari berbagai sekolah dasar di kabupaten Blora yang ikut berpartisipasi dalam lomba ini.

BACA JUGA :  DISDIK BLORA PROSES OKNUM PELECEHAN TERHADAP SISWINYA

Ada beberapa cabang yang dilombakan seperti Lomba Pengetahuan Pendidikan Agama Islam, antara lain: lomba Pengetahuan PAI dan BTQ Pa dan Pi,  lomba praktek sholat dan wudlu, dan lomba Adzan dan Iqomah.

Kemudian, cabang lomba seni Islami, mencakup: seni kaligrafi, seni khitobah, seni Tilawah, seni Hifdzil Qur’an,  mocopat Islami, seni ketrampilan Komputer, dan seni musik rebana.

Acara juga dihadiri oleh Koordinator Wilayah Bidang Kependidikan Kecamatan Se-Kab Blora, Kepala Sekolah SMP N 1 Blora, Kepala sekolah Dasar Se-Korwil Bidik Kecamatan Blora serta Ketua KKG Kecamatan Se-Kabupaten Blora. (Sub)