fbpx

MAHASISWA UNNES AJAK REMAJA BLORA CEGAH STUNTING

Program Pencegahan Stunting oleh Mahasiswa Unnes.
Program Pencegahan Stunting oleh Mahasiswa Unnes.

Blora, BLORANEWS – Menyoal masalah Kesehatan di Blora, Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengajak remaja Blora untuk mencegah stunting. Pasalnya stunting di Blora menyentuh angka 21,5 persen.

Mahasiswa Jurusan Ilmu Kesehatan, Mochamad Shoffa Afifuddin menjelaskan, kegiatan ini merupakan program Praktek Kerja Lapangan (PKL) Merdeka Belajar Mahasiswa Merdeka (MBKM) SKM Penggerak.

“Melalui pendekatan ini kami membuat program Gubuk Gunting (Guyub Rukun Cegah Stunting) ini dilaksanakan di 3 lokus diantaranya lokus institusi, lokus kelurahan/desa dan lokus sekolah,” terangnya.

BACA JUGA :  PELANTIKAN IPNU BLORA : PENTINGNYA PEMBENTUKAN IPNU DI SEKOLAH

Lokus Institusi dilaksanakan di Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Lokus Kelurahan/Desa di Desa Kamolan, dan Lokus Sekolah di SMP Negeri 2 Blora. Program Gubuk Gunting diinisiasi oleh Afif, Nintya dan Meylia untuk mencegah stunting melalui edukasi kesehatan dan pemberdayaan remaja.

Setiap lokus Program Gubuk Gunting ini dibagi menjadi sub-program diantaranya ialah Media Edukasi Stunting (Editing) di Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Gerakan Remaja Peduli Stunting (Gema Penting) di Desa Kamolan dan Remaja Sehat Anti Stunting (Remaja Sehati) di SMP Negeri 2 Blora.

BACA JUGA :  BANDARA NGLORAM JUGA DIRANCANG SEBAGAI TEMPAT EDUKASI

“Pelaksanaan program ini didukung penuh oleh para stakeholders baik dari pihak Dinkes Kabupaten Blora, Desa Kamolan, maupun SMP Negeri 2 Blora. Dalam kurun waktu kurang lebih tiga bulan, yakni tanggal 26 Juli-31 Oktober 2022 program ini dapat dilaksanakan dengan sukses,” terangnya.

Subkoordinator Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Eny Kunarti mengatakan, melalui program ini diharapkan remaja dapat memahami, menumbuhkan dan melakukan perilaku hidup bersih dan sehat khususnya dalam pencegahan stunting di masa depan.

BACA JUGA :  BEM STAI KHOZINATUL ULUM BLORA GELAR KONGRES V

“Kami khususnya di Seksi Kesgazi terbantu dengan adanya adik-adik dari IKM UNNES yang melaksanakan PKL terutama dalam upaya promosi kesehatan melalui media sosial,” ucapnya. (jam)

Revisi:

Pada alinea kedua, sebelumnya “Praktek Kerja Lapangan (PKL) Merdeka Belajar Mahasiswa Merdeka (MBKM) Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) Penggerak”. setelah kami perbaiki “Praktek Kerja Lapangan (PKL) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) SKM Penggerak”.