fbpx

MERAPI ERUPSI, GANJAR AKTIFKAN PROGRAM DESA KEMBAR

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pastikan warga siap hadapi erupsi merapi dengan metode Desa Kembar. Hal itu digiatkan menyusul peningkatan aktivitas Gunung Merapi pada Rabu malam (9/3).
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo

Semarang- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pastikan warga siap hadapi erupsi merapi dengan metode Desa Kembar. Hal itu digiatkan menyusul peningkatan aktivitas Gunung Merapi pada Rabu malam (9/3).

Desa Kembar merupakan program yang yang digagas Pemprov sebagai salah satu langkah antisipasi ancaman erupsi Gunung Merapi. Program tersebut mengedepankan semangat persaudaraan warga sekitar Merapi membantu warga lain yang berada di kawasan rawan bencana (KRB).

BACA JUGA :  KASUS OMICRON RENDAH, GANJAR MINTA WARGA TETAP WASPADA

Contoh yang sudah ada yakni di Desa Klakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Warga di desa itu sudah menjalin kekerabatan dengan Desa Gantang, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. 

“Maka ikuti seluruh perintah yang diberikan oleh pemegang otoritas apakah itu BPBD, Basarnas, informasi dari BMKG, para vulkanolog agar mereka semua bisa menyelamatkan diri,” ucap Ganjar, Kamis (10/3).

BACA JUGA :  TOL SEMARANG-DEMAK SEKSI II TARGET TAHUN DEPAN SELESAI

Ganjar mengatakan, sampai dengan Kamis siang (10/3), belum ada laporan warga yang dievakuasi akibat erupsi Merapi yang terjadi pada Rabu malam (9/3).

“Belum dan mereka sudah punya tempatnya kok,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, perkembangan Gunung Merapi selalu dalam pantauan para vukanolog yang bekerjasama dengan wilayah Yogyakarta.

“Kita dilapori setiap hari, sehingga semuanya BPBD melakukan kontroling,” ujar Ganjar. (Kin).

BACA JUGA :  NAMA PRESIDEN KE 4 INDONESIA BAKAL JADI NAMA BANDARA DI BLORA