fbpx

PEDAGANG GELAR TASYAKURAN WIYOSAN PASAR SIDO MAKMUR

Blora, Bloranews.com – Ratusan pedagang pasar menggelar kirab bertajuk Tasyakuran Wiyosan Pasar Sido Makmur, Sabtu (16/9/2023). 

Kegiatan bernuansa seni budaya itu mendapat apresiasi Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, yang hadir mewakili Bupati Blora Arief Rohman dan berkenan melepas para peserta kirab Tasyakuran Wiyosan Pasar Sido Makmur. 

“Alhamdulillah pada sore hari ini luar biasa. Panjenengan, warga, pedagang pasar Sido Makmur bergotong royong melakukan kegiatan di sore hari ini. Kami memberikan apresiasi yang luar biasa kepada panjenengan semuanya, karena dengan niat panjenengan semua melakukan Tasyakuran Wiyosan Pasar Sido Makmur,” kata Mbak Etik, sapaan akrab Wabup Blora. 

Atas nama Pemkab Blora Wabup menyampaikan terimakasih kepada Rektor ISI Surakarta, Yayasan Bumi Purba Saloka, Camat Blora dan panitia atas terselenggaranya acara tersebut. 

“Bagai saudara-saudara yang mengikuti Tasyakuran Wiyosan Pasar Sido Makmur, selamat mengikuti prosesnya dengan khidmat. Semoga apa yang kita lakukan membawa keberkahan bagi kita semua,” ucap Wabup Blora. 

Sebelum kirab berlangsung, secara simbolis Ketua Asosiasi Paguyuban Pedagang Pasar Blora Endah Muji Handayani menyerahkan bakul berisi sejumlah sayuran kepada Wakil Bupati Blora Mbak Etik, yang kemudian diserahkan kepada Kepala Kelurahan Jetis Partini, S.Sos yang diteruskan kepada Kepala Kelurahan Mlangsen Evi Kartikasari. 

Kirab atau karnaval Tasyakuran Wiyosan Pasar Sido Makmur diikuti 35 kelompok sesuai urutan mulai dari pembawa pecut, pembawa tebu dan alang-alang, pembawa cengkir gading, pembawa tombong berisi sayur mayur pasar, musik monggang hingga motor bronjong. 

Mereka tampil dengan aneka kostum dan pertunjukan seni mulai dari start eks pasar lama hingga pasar Sido Makmur Blora. Gunungan jumbo berisi hasil bumi juga diusung di acara tersebut. 

Ketua Asosiasi Paguyuban Pedagang Pasar Blora Endah Muji Handayani nampak aktif memberi arahan kepada peserta sebelum melaksanakan prosesi acara. Sementara, di kanan kiri jalan yang dilalui kirab dipadati warga untuk menonton. 

Diinformasikan sebelumnya, perwakilan pedagang dari masing-masing blok di pasar tradisional Sido Makmur Blora akan ikut menyemarakkan acara tersebut. 

“Jadi kita akan menggelar ruwatan atau weton pasar. Itu acara kirab kita. Dari masing-masing Blok di Pasar Sido Makmur sudah masuk datanya. Rute kirab, dari eks pasar lama menuju pasar Sido Makmur Blora,” kata Endah, di Blora, Kamis (14/9/2023).    

Tujuan diadakannya kirab itu, kata Endah, memohon kepada Tuhan supaya kesejahteraan pedagang lebih baik, pendapatan meningkat, pasar ramai pembeli, lancar, nyaman dan aman. 

“Selama pindah pasar ini, saya sendiri merasakan terkesan sepi, mungkin karena tempatnya lebih luas ya. Jadi intinya yang kirab itu acara kita, dilaksanakan secara gotong royong, semoga menjadi berkah bagi kita semua,” ucapnya.    

Dalam Festival Budaya Pasar Blora itu ada dua acara, yaitu kirab dari eks pasar lama menuju pasar Sido Makmur Sabtu (16/9/2023) sore dan pageleran Seni Budaya pada malamnya. 

Sejumlah sanggar seni di Blora yang dilatih ISI Surakarta akan tampil di acara yang disentralkan di halaman pasar Sido Makmur Blora. 

Festival Budaya Pasar Blora 2023 digelar Asosiasi Paguyuban Pedagang Pasar Blora bekerja sama dengan Yayasan Bumi Purbo Saloka dan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. (Dinkominfo Blora).