PETANI DESA KALANGAN TUNJUNGAN IKUTI PELATIHAN BUDIDAYA TANAMAN HORTIKULTURA

Tunjungan – Menyadari mayoritas penduduk Desa Kalangan Tunjungan bekerja sebegai petani, Pemdes setempat menggelar pelatihan pertanian bekerjasama dengan Dinas Perindustrian  dan Tenaga Kerja  Blora. Pelatihan ini dilaksanakan dalam enam hari, mulai hari Senin (06/11) dan selesai siang ini (11/11).

 

Pelatihan Budidaya Tanaman Hortikultura di Desa Kalangan Tunjungan, Sabtu (11/11).

 

Fokus utama pelatihan ini, membekali para petani setempat dengan metode pembuatan produk pertanian baru, organik dan ramah lingkungan. Dalam pelatihan ini, peserta diajari cara membuat pupuk organik, pestisida nabati, pakan ternak fermentasi, budidaya tanaman hortkultura dengan metode polybag dan mendorong sistem pendanaan pelatihan berbasis masyarakat.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Blora Suryanto melalui Kabid Penempatan, Pelatihan Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengungkapkan pada pekan yang sama dilaksanakan tiga pelatihan serupa di tiga tempat yang berbeda, yaitu di Desa Kalangan Kecamatan Tunjungan, Desa Gadu Kecamatan Sambong dan Desa Semanggi Kecamatan Jepon.

Kepala Desa Kalangan Kasdi, mengatakan latar belakang adanya pelatihan ini adalah adanya potensi pertanian yang cukup besar di desa tersebut.

“Prosentasi petani di Desa Kalangan sangat tinggi, hampir delapan puluh persen. Sayangnya, dari besarnya potensi ini tidak diimbangi dengan skill yang mumpuni. Akhirnya, pemerintah desa berinisiatif melaksanakan pelatihan ini bersama dinas terkait,” ucap Kepala Desa Kalangan Kasdi sesaat setelah penutupan pelatihan siang ini.

Reporter : Aribpak’i

 

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.