fbpx

PLN DAN TELKOM SIAP KAWAL UNBK

  • Bagikan
PLN DAN TELKOM SIAP KAWAL UNBK
Bupati Pimpin Rapat Persiapan UNBK Foto : Humas Pemkab Blora

Blora – Perwakilan PLN siap menjamin tidak akan ada pemadaman listrik bergilir pada saat pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) berlangsung. Juga Telkom Blora memastikan jaringan internetnya akan mencukupi untuk UNBK.

M Mulki Maulana perwakilan PLN Blora menyampaikan, akan menempatkan petugas PLN di masing-masing kecamatan. Agar bisa segera tertangani jika ada kerusakan jaringan diluar dugaan, juga di wilayah yang rawan gangguan listrik.

 

PLN DAN TELKOM SIAP KAWAL UNBK
Bupati Pimpin Rapat Persiapan UNBK Foto : Humas Pemkab Blora

 

“Kami pastikan, selama UNBK nanti tidak akan ada perbaikan jaringan atau pemadaman bergilir di sekolah-sekolah. Untuk antisipasi, kami harap sekolah bisa menyediakan genset cadangan. Takutnya ada kerusakan jaringan diluar prediksi kita,” ujar M Mulki Maulana dalam rapat koordinasi kesiapan UNBK SMP yang digelar Bupati Blora Djoko Nugroho di Ruang Rapat Bupati tadi pagi, Rabu (12/4/2017).

Menurutnya, pelayanan listrik di Blora terbagi menjadi dua wilayah kerja PLN, yakni PLN Unit Pelayanan Jaringan Blora dan Cepu. Sedangkan, wilayah yang sering mengalami pemadaman karena gangguan jaringan ada di Blora selatan, dibawah PLN Unit Pelayanan Jaringan Cepu. “PLN Blora dan PLN Cepu siap dan menjamin pelaksanaan UNBK nanti bisa berjalan dengan baik,” tandasnya.

Sementara itu, perwakilan Telkom Blora Agus Jatmiko menerangkan bahwa untuk jaringan internet yang ada dibawah kendali Telkom adalah jaringan fisik, bisa menggunakan fasilitas kabel telkom atau fiber optik.

“Fiber optik kita sudah sampai Doplang, Kedungtuban dan Todanan. Walaupun belum semua wilayah Kabupaten terjangkau, kita upayakan tahun 2017 ini terbangun semua,” jelas Agus Jatmiko.

Sementara internet hanya dibutuhkan online selama 30 menit, untuk mendownload soal saja. Selebihnya siswa mengerjakan soal secara offline. “UNBK membutuhkan jaringan internet yang cepat. Sehingga kami siap melayani,” lanjut Agus.

Ia mengaku, khusus untuk daerah pelosok seperti SMP 3 Doplang yang ada di Desa Bangkleyan, memang belum ada jaringan telkom disana. Namun disana sekolah sudah bisa UNBK secara mandiri, setelah melaksanakan simulasi beberapa waktu lalu dengan memanfaatkan signal Telkomsel.

Reporter: Ngatono

banner 120x500
  • Bagikan
error: Konten dilindungi!!