fbpx

BERIKUT KULINER KHAS CEPU YANG SAYANG DILEWATKAN

Tidak hanya soal potensi sumber daya alam yang melimpah, Cepu juga memiliki sajian kuliner lezat dan nikmat yang wajib dicicipi kala berkunjung. Berikut ulasan kuliner khas Cepu yang bakal menggoyangkan lidah anda.
Ilustrasi.

Cepu adalah kecamatan yang terletak di bagian timur Kabupaten Blora dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Bojonegoro. Meski hanya sebatas kecamatan, Cepu memiliki potensi sumber daya alam berupa minyak dan gas bumi yang melimpah dan berkontribusi besar bagi energi nasional.

Tidak hanya soal potensi sumber daya alam yang melimpah, Cepu juga memiliki sajian kuliner lezat dan nikmat yang wajib dicicipi kala berkunjung. Sebagai rekomendasi, berikut Bloranews rangkumkan kuliner khas Cepu yang bakal menggoyangkan lidah anda.

1. Lontong Opor Pak Pangat

Lontong Opor Pak Pangat yang terletak di Desa Ngloram, Kecamatan Cepu, Blora terkenal dengan rasa pedas yang enak dan tekstur kuah yang kental. Perpaduan bumbu yang lezat disertai taburan bawang goreng yang melimpah membuat Lontong Opor Pak Pangat diminati banyak orang. Bahkan, setiap ada kunjungan pejabat ke Kabupaten Blora sajian lontong tersebut seolah menjadi menu wajib untuk makan siang. Proses pembuatannya pun masih tradisional, yakni masih menggunakan kayu bakar. Dan hal itu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Bagi kalian yang hendak menyantap Lontong Opor Pak Pangat, butuh waktu sekitar 15 menit dari kota Cepu dan 2 menit dari Bandara Ngloram untuk sampai ke tujuan. Ruko jualan bercatkan hijau dengan spanduk bertuliskan “Opor Ayam Pak Pangat”. Saking banyaknya peminat, kalian juga harus memesan terlebih dahulu minimal 1 hari sebelumnya.

BACA JUGA :  LEGENDA KYAI BALUN

2. Rumah Makan Bu Nur special Ikan Jendil

Rumah Makan Bu Nur special Ikan Jendil terletak di jalan Bandara Ngloram, Cepu tepatnya di Desa Kentong. Rumah makan special ikan jendil ini memiliki bermacam olahan makanan lezat, seperti Sayur Garang Asem dan iwak jendil goreng. Soal rasa jangan ditanya. Tekstur ikan jendil yang diambil langsung dari sungai Bengawan Solo itu terkenal lebih enak dan empuk dibanding ikan tawar lainny. Ukurannya pun lebih besar dari ikan sejenisnya.

Tak hanya itu, selain lezat ikan jendil juga memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk tubuh. Seperti meningkatkan kecerdasan anak, menguatkan gigi, mencegah penyakit jantung, menjaga kesehatan sistem saraf, mengobati anemia, mencegah gagal jantung, dan berbagai manfaat lainnya.

3. Depot Bakso Kumis

Siapa yang tidak mengenal Depot Bakso Kumis. Sepertinya hampir semua warga Cepu sudah mengenal dan mencicipi kelezatan bakso ini. Bertempat di Jl. RSU (depan Taman Cepu/RSU paralel) dan memiliki fasilitas yang cukup baik, Depot Bakso Kumis selalu ramai pengunjung terutama di hari libur. Sebagai Depot Bakso, depot ini memiliki fasilitas yang cukup baik. Pelayanan terhadap pelanggan juga sangat diperhatikan. Terutama dalam hal kebersihan dan kenyamanan. Tak hanya itu, bentuk bangunannya yang luas juga membuat Depot Bakso Kumis menjadi opsi destinasi kuliner bersama keluarga dan teman.

BACA JUGA :  OWNER SEGARA: PEMERINTAH SELAIN URUS PAJAK, PIKIRKAN SAAT KITA SEPI

Soal cita rasa membedakan bakso depot kumis dengan lainnya ialah kuahnya yang bening nan gurih, dan baksonya yang lembut nan halus. Selain menjual bakso sebagai menu utama, depot ini juga menjual mie ayam dan kremes ayam goreng. Untuk minuman, pengunjung bisa memilih aneka jus, minuman ringan atau minuman panas.

4. Soto Cak Bondet

Satu lagi makanan unik Cepu yang tidak boleh dilewatkan ialah Soto Cak Bondet. Terletak di Jl. Diponegoro – Cepu, persis di sebelah Lapangan Ronggolawe Cepu, Soto Cak Bondet menjadi menu wajib bagi kalian yang berkunjung ke Cepu. Buka sekitar pukul 10 pagi hingga malam, Soto Cak Bondet tak pernah sepi dari pengunjung. Saking ramainya, tempat parkir pun selalu penuh dengan kendaraan bermotor dan kendaraan roda empat.

Soal rasa, Soto Cak Bondet sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Soto Lamongan pada umumnya. Kuahnya yang gurih, campuran daging ayam dengan bihun dan beberapa potong sayur plus koya menjadi ciri khasnya. Menu utamanya tentu saja Soto Ayam dan Soto Daging Sapi. Untuk minumannya, ada es teh manis, es jeruk, minuman dingin botolan, dan beberapa lainnya.

5. Barbeque Pusat Kota

Barbeque Pusat Kota merupakan restoran dengan tempat yang sangat instagramable yang bisa duduk di rooftop sambil melihat pemandangan pusat kota Cepu. Terletak di sebelah kanan kantor Camat Cepu dan di depan gedung pertemuan Soos Sasono Suko, suasana resto ini merupakan tinjauan menyeluruh dari pusat kota Cepu. Bagi anda yang sedang nongkrong disana, maka akan dapat menikmati ikon kota Cepu yaitu Arjuna Patung Wiwaha di barat dan Tugu 20 Mei di timur.

BACA JUGA :  RELA ANTRI BERJAM-JAM DEMI SATE BLORA

Menu makanan dan minumannya pun cukup bervariasi dengan harga yang sangat terjangkau. Menu best sellernya ialah Barbeque. Dimana kamu bisa makan daging sepuasnya dengan menu All you can eat mulai dari Rp. 85.000,-/orang selama 60 menit.

Buka setiap hari dari pukul 10.00-22.00, pengunjung dapat menikmati makanan lezat ditemani musisi muda dari Cepu dan sekitarnya. Menu barbeque juga menyediakan paket millennial, creative, bussiness, dan executive dengan kisaran harga Rp. 85.000,- sampai dengan Rp. 120.000,- yang bisa dinikmati bersama teman, saudara, dan keluarga karena paketnya cukup untuk 2-4 orang.

Selain menyajikan barbeque, restoran pusat kota juga menyediakan aneka mie, kimchi, suki, dan snack, serta menu minuman yang bervariasi antara lain: kopi, mocktail, dan menu lainnya.

Jika Anda berada di Cepu atau ingin bertolak ke Cepu, pastikan untuk mengunjungi sajian kuliner diatas.

Redaksi